Peresmian Kandang Kambing di Dusun Ngandong, lereng selatan Gunung Merapi

Selasa, 27 Juni 2023 Balai TN Gunung Merapi

Sleman, 25 Juni 2023 - Di salah satu desa teratas lereng selatan Gunung Merapi, tepatnya di Dusun Ngandong, Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, tim Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) memenuhi undangan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) dalam acara Peresmian Kandang Kambing dan Bakti Sosial, pada 25 Juni 2023. 

FK UII telah mendampingi masyarakat Dusun Ngandong tersebut, sejak tahun 2012. Bermula dari kegiatan sosial keagamaan, aktivitas FK UII sekarang berfokus pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Hal tersebut tentu saja gayut dengan konsep pengelolaan TNGM yang mengutamakan masyarakat sebagai aktor utama penggerak kelestarian hutan. 

Dalam acara tersebut, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Rektor UII Prof Fathul Wahid, serta perwakilan Kementerian Pertanian hadir dan memberikan apresiasi atas kerja-kerja lapangan untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam diskusi bersama masyarakat, muncul berbagai permasalahan dari masyarakat dan yang menonjol adalah permasalahan sinyal internet dan ketersediaan air bersih bagi masyarakat.  

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Balai TNGM, Muhammad Wahyudi menyampaikan bahwa Dusun Ngandong merupakan daerah penyangga TNGM, dan masyarakatnya selama ini menjadi mitra TNGM. Ini adalah kekayaan hand in hand dan kerja kolaboratif  FK UII, Pemkab Sleman dan Balai TNGM adalah kunci bagi solusi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat tersebut.  Mari kita senantiasa bergandengan tangan untuk menjaga kekuatan silaturahmi demi kemaslahatan masyarakat dan alam semesta, pungkas Wahyudi.


Sumber : Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini