Bakti Rimbawan Sumatera Utara Ke 40, Tanam Pohon dan Donor Darah

Senin, 20 Maret 2023

Kegiatan penanaman mangrove di HKM Muara Bimbal Desa Nagalawan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Deli Serdang

Medan, 20 Maret 2023. Hari Bakti Rimbawan Ke 40 kembali diperingati dan dirayakan tahun ini dengan gelaran upacara yang dilakukan di halaman Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Povinsi Sumatera Utara, pada Kamis (16/3). Bertindak sebagai Pembina upacara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Ir. Yuliani Siregar, M.AP.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. dalam arahannya yang dibacakan Pembina upacara menyampaikan bahwa peringatan Hari Bakti Rimbawan tahun ini mengusung tema “Hijaukan Bumi, Birukan Langit”. Tema ini mengandung makna reflektif/evaluasi atas apa yang telah kita lakukan bersama sebagai Rimbawan. Tema ini juga meneguhkan arah dan cara pandang seluruh Rimbawan, dan menggali atau recall memori yang senantiasa ada dalam benak kita tentang peran hutan sebagai elemen dan struktur pembentuk bentang alam dan lingkungan yang perlu senantiasa kita jaga dan rawat bersama. Begitu pula peran atmosfer dan udara sebagai bagian di dalamnya yang harus dijaga untuk tetap bersih dan terefleksi dalam langit biru.

Lebih lanjut, Menteri LHK menyampaikan pada kesempatan Hari Bakti Rimbawan Ke 40 ini saya mengajak rimbawan baik di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pemerintah daerah, bisnis leaders dan para aktivis, para pemangku kepentingan yang ada dan seluruh masyarakat, untuk kita dapat bersama bahu membahu memberikan kontribusi pemikiran ataupun kegiatan nyata di lapangan/ masing-masing area of interest/responsibility untuk menyukseskan upaya pengendalian perubahan iklim secara massif dan terukur.

Pemotongan nasi tumpeng oleh Kepala Dinas LHK Provinsi Sumatera Utara usai upacara

“Mari terus kita lakukan konsolidasi Rimbawan Indonesia dari berbagai elemen fungsi di masyarakat, kita terus mengambil langkah aksi nyata pengendalian iklim Indonesia untuk bumi yang lebih baik. Dedikasi semua insan Rimbawan untuk Alam Indonesia yang Rupawan,” ujar Menteri LHK mengakhiri sambutannya.

Bakti sosial Rimbawan Sumatera Utara melalui donor darah

Usai upacara dilanjutkan dengan kemeriahan melalui berbagai kegiatan, yaitu pemotongan nasi tumpeng oleh Kepala Dinas LHK Provinsi Sumatera Utara, perlombaan tarik tambang, balap karung, lomba bakiak, lomba kelereng dan joget balon. Rimbawan Sumatera Utara juga menggelar bakti sosial melalui kegiatan donor darah kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Tidak cukup sampai disitu, untuk mewujudkan tema peringatan Hari Bakti Rimbawan “Hijaukan Bumi”, Rimbawan Sumatera Utara  melakukan aksi nyata penanaman mangrove di Hutan Kemasyarakatan (HKM) Muara Baimbal di Desa Nagalawan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Deli Serdang, pada Jumat (17/3).

Rimbawan Sumatera Utara semangat dan gembira mengikuti berbagai perlombaan

Kemeriahan peringatan Hari Bakti Rimbawan pun berakhir sudah, namun spirit dan semangat kebersamaan menjadi inspirasi untuk memulai aktivitas kembali, bekerja lebih baik dan berkarya untuk mewujudkan hutan lestari, masyarakat sejahtera.

Hadir dalam upacara seluruh pejabat UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, pejabat lingkup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, seluruh pegawai, tamu undangan dari Himpunan Pensiunan Kehutanan dan dari mitra kerja.

Sumber : Evansus Renandi Manalu (Analis Data) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini