Longsor di Tarutung, Petugas Sosialisasi Warga

Jumat, 17 Maret 2023

Petugas koordinasi dan mengumpulkan data serta keterangan dari Lurah Hutatoruan

Tarutung, 17 Maret 2023. Curah hujan dengan intensitas yang tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Tapanuli Utara, pada Rabu (13/3), pukul 15.00 Wib, mengakibatkan perbukitan di ruas jalan Tarutung – Sibolga, tepatnya di Kelurahan Hutatoruan, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, mengalami longsor, sehingga akses jalan Tarutung-Sibolga tertutup.

Mengetahui peristiwa longsor ini, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort Cagar Alam (CA) Dolok Saut pada Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung segera merespon dengan melakukan pengecekan ke lapangan, pada Kamis (16/3). Di lokasi petugas melakukan koordinasi dengan Lurah Hutatoruan  dan mengumpulkan data serta keterangan. Selain itu terlihat warga sedang bergotong royong membersihkan sisa-sisa longsor yang berada di sekitar pemukiman warga. Ada 2 rumah yang terkena dampak longsoran, namun dengan sigap petugas Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Tapanuli Utara bersama warga membersihkan lokasi.

Disaat menyambangi warga, petugas juga menyampaikan penyuluhan agar tetap waspada mengingat curamnya perbukitan di sekitar lokasi,  dan menghimbau untuk tidak melakukan aktifitas/kegiatan penebangan pohon secara sembarangan. Sebaliknya warga diminta untuk pro aktif melakukan kegiatan penanaman serta perawatan tanaman di sekitar lokasi rawan longsor. Kehadiran petugas Seksi Konservasi Wilayah IV Taurung di lokasi bencana, merupakan respon tanggap serta bentuk simpati dan empati dengan apa yang dialami masyarakat. Petugas nyata hadir di tengah-tengah masyarakat.

Petugas sosialisasi warga di sekitar lokasi longsor

Sumber : Sahat Berutu, A.Md (Polhut Terampil) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini