Tanam Pohon, Habitat Orangutan Lestari

Selasa, 14 Maret 2023

Penanaman pohon Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung

Adiankoting, 9 Maret 2023. Lembaga mitra kerjasama Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Yayasan Ekosistem Lestari (YEL), untuk peningkatan perekonomian masyarakat dan upaya pelestarian habitat Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) di kawasan ekosistem Batangtoru, melakukan kegiatan pembagian bibit pohon dan penanaman di Dusun Aek Matio, Desa Adiankoting, Kecamatan Adiankoting, Kabupaten Tapanuli Utara, pada Rabu 8 Maret 2023. Adapun jenis bibit yang dibagikan dan ditanam, terdiri dari bibit pinang sebanyak 1.564 bibit, kemenyan sebanyak 785 bibit dan kulit manis sebanyak 500 bibit.

Bibit-bibit tersebut merupakan hasil dari kegiatan pembibitan yang dilakukan oleh YEL bekerjasama dengan masyarakat Desa Adiankoting di Rumah Persemaian di Dusun Aek Natio, Desa Adiankoting, Kecamatan Adiankoting, Kabupaten Tapanuli Utara. Dan kegiatan pembagian bibit serta penanaman pohon kerjasama YEL dengan Kelompok Tani (KT) Aek Rau Lestari.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung, mewakili Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, dalam sambutannya  menyampaikan apresiasi kepada YEL yang terus berupaya dalam kegiatan pelestarian habitat Orangutan Tapanuli dan mensinergikannya dengan peningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat. Secara khusus kepada warga, Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung mengedukasi warga tentang arti penting pelestarian hutan, alam beserta ekosistemnya. Perlindungan dan pelestarian Orangutan Tapanuli beserta habitatnya, sejatinya bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung menyerahkan bibit kepada warga

Kegiatan pembagian dan dan penanaman bibit pohon ini turut dihadiri unsur pimpinan Kecamatan Adiankoting, Dinas Lingkungan Hidup Tapanuli Utara, KPH XI dan KPH XII.

Sumber : Manigor Lumbantoruan, SP. (Kepala SKW UV Tarutung) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini