BBKSDA Sumatera Utara Bantu Usaha Budidaya Lebah Madu Kelompok Tani Alam Lestari

Selasa, 14 September 2021

Kabid KSDA Wilayah II Pematangsiantar menyerahkan bantuan bahan dan alat budidaya lebah madu kepada Koptan Alam Lestari

Tigarunggu, 14 September 2021. Guna mendukung dan meningkatkan usaha ekonomi produktif masyarakat, khususnya yang berada di sekitar kawasan konservasi, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar memberikan bantuan kepada Kelompok Tani (Koptan) Alam Lestari,  pada Rabu 8 September 2021 di Kantor Lurah Tigarunggu, Kabupaten Simalungun.

Bantuan tunai yang diberikan Balai Besar KSDA Sumatera Utara kepada Koptan Alam Lestari, berupa danai tunai sebesar Rp. 25.000.000,- (Dua puluh lima juta rupiah) kemudian dikonversi oleh Koptan dalam bentuk pembelian serta pengadaan seperangkat bahan dan alat budidaya lebah madu, seperti : 30 buah glodog, 4 kotak koloni lebah trigona, 1 unit alat panen, 4 unit smoker/pengasapan dan 4 unit baju pelindung.

Kepala Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar, Seno Pramudita, S.Hut., ME., dalam penyerahan bantuan tersebut menyampaikan pesan dan harapan kepada Koptan Alam Lestari agar bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan dikembangkan secara mandiri guna meningkatkan ekonomi ataupun pendapatan masyarakat.

Glodog bantuan BBKSDA Sumut langsung digunakan oleh Koptan Alam Lestari

Pengurus Koptan Alam Lestari dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kepedulian dan bantuan yang diberikan oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara, serta berjanji akan memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya, sekaligus ikut menjaga kawasan Cagar Alam (CA) Martelu Purba mengingat kawasan ini menjadi sumber pakan bagi lebah.

Dalam acara penyerahan bantuan tersebut, turut hadir Lurah Kelurahan Tigarunggu, Fidya Andini, SP., Kepala Resort CA. Martelu Purba Alharis Ruhidi, SP.,  dan seluruh anggota Koptan Alam Lestari.

Sumber : Evansus Renandi Manalu, Analis Data Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini