Menggali Aspirasi Keberhasilan Budidaya Lebah Madu Desa Air Hitam

Air hitam, 11 September 2021.  Kepala Resort Air Hitam Bagan Limau Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) Ahmad Gunawan S.Hut melakukan silaturahmi dan anjangsana ke kediaman Kepala Desa Air Hitam Bapak T. Sitorus. Kepala desa menceritakan keberhasilan budidaya lebah madu secara mandiri yang dilakukan di lingkungan Desa Air Hitam, Sabtu (11/9).

Hasil yang telah diperoleh masyarakat dari budidaya lebah madu ini dapat menjadi solusi bagi masyarakat sebagai sumber alternatif penghasilan tambahan. Kegiatan budidaya lebah madu juga berkorelasi positif dengan keutuhan dan keberadaan hutan. Lebah madu membutuhkan tumbuhan baik dari bunga dan getahnya sebagai sumber pakan dan memproduksi madu.

“Potensi budidaya lebah madu ini sangat bagus, karena modalnya kecil dan dapat menjadi sumber penghasilan masyarakat, hasilnya juga lumayan dan bisa dipanen setiap bulannya serta mengurangi kegiatatan masyarakat ke hutan“ ujar Kepala Desa Air Hitam.

Upaya yang telah dimulai ini merupakan salah satu bentuk inovasi bagi masyarakat. Balai TN Tesso Nilo akan terus memberi dukungan untuk memajukan budidaya lebah madu sebagai bentuk mensejahterakan perekonomian masyarakat sekitar kawasan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberi dampak baik kepada masyarakat dan kepada kawasan yaitu mengurangi tekanan dan ketergantungan masyarakat kepada kawasan hutan.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini