Pelepasan Penyu Hasil Serahan Masyarakat di Mantehage

Mantehage, 4 Maret 2021. Petugas Resort Mantehage Balai Taman Nasional (TN) Bunaken bersama dengan Babinsa Desa Bango, Desa Tinongko dan anggota Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Balai TN Bunaken melepaskan dua ekor penyu sisik di dermaga Desa Tinongko hasil penyerahan masyarakat (4/3/21).

Satu ekor penyu ditemukan di perairan Batu Gepe Desa Bango oleh warga Desa Tinongko (Dio Rangga Diamanti) dalam kondisi terjerat jaring rusak pada tanggal 28 Februari 2021. Satu ekor lagi ditemukan di perairan Pasir Panjang Desa Tangkasi pada tanggal 2 Maret 2021 oleh warga Desa Tinongko (Irmas Deki) dalam kondisi terperangkap plastik.

Setelah menemukan penyu, kedua warga tersebut kemudian membawanya ke darat dan melaporkan kejadian ke anggota MMP di Desa Tinongko. Selanjutnya petugas MMP Desa Tinongko langsung mengamankan penyu tersebut dan melaporkan ke petugas Resort Mantehage.

Sesuai dengan hasil identifikasi kedua penyu tersebut adalah jenis penyu sisik betina. Satu ekor berukuran panjang 44 cm lebar 33 cm. Satu ekor lagi berukuran panjang 50 cm lebar 32 cm.

Yudi Pontoh, anggota MMP Desa Tangkasi menyampaikan bahwa penyu masih sering dijumpai di perairan Mantehage, terkadang muncul di permukaan air ketika masyarakat sedang mencari ikan. Sebelum Kawasan dikelola oleh Balai Taman Nasional Bunaken, penyu ini menjadi santapan masyarakat Mantehage terutama ketika ada acara pesta/hajatan, tapi sekarang masyarakat sudah mulai sadar dan mengetahui bahwa penyu adalah salah satu satwa yang dilindungi, ulas Yudi.

Setelah melakukan pelepasan penyu petugas berterima kasih kepada masyarakat terutama kepada yang menyelamatkan penyu tersebut atas usaha dan kerjasamanya. Semoga kedepan tidak ada lagi kejadian penyu yang terjerat atau terperangkap dan semoga penyu tetap lestari di Mantehage dan di seluruh Kawasan Taman Nasional Bunaken.

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini