Balai Besar TN Lore Lindu Tinjau Hasil Pemberdayaan Masyarakat

Rabu, 24 Februari 2021

Palu, 24 Februari 2021. Kerjasama, komunikasi, dan kolaborasi terus ditingkatkan antara Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) dengan desa-desa di sekitar kawasan TNLL. Bertempat di Balai Desa Lempelero, Kecamatan Kulawi Selatan, Kabupaten Sigi dilaksanakan kegiatan penyerahan bantuan peningkatan ekonomi masyarakat berupa mesin pengolah jagung dan coklat. Bantuan ini diserahkan Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, Ir. Jusman kepada Ketua Kelompok "Bina Muara" Desa Lempelero, yang disaksikan Camat Kulawi Selatan dan Kepala Desa Lempelero (23/02/2021).

Dalam sambutannya Kepala Desa beserta Ketua Kelompok mewakili Masyarakat Desa Lempelero mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan serta berharap kerjasama ini terus berlanjut bahkan dapat berkembang ke sektor-sektor lain seperti pengembangan ekowisata berbasis masyarakat. Kerjasama yang dibangun antara beberapa pihak harus menganut prinsip 3M seperti yang diutarakan Kepala Balai Besar pada kesempatan ini. "Saling menghormati (mutual respect), saling percaya (mutual trust) dan saling memberi manfaat (mutual benefit) agar tujuan dan harapan bersama dapat tercapai.

Dipenghujung acara dilaksanakan penandatanganan berita acara penyerahan bantuan serta dokumen Perjanjian Kerjasama (PKS) antara dua belah pihak. Bantuan yang diberikan diharapkan dapat dimanfaatkan untuk peningkatan produktifitas hasil usaha masyarakat yang dilajutkan dengan kunjungan Kepala Balai Besar melihat hasil pemberdayaan maayarakat berupa kerajinan dari bahan baku rotan dan minuman herbal karya kelompok wanita di Desa Marena, Kecamatan Kulawi Selatan, Kabupaten Sigi. Desa Marena merupakan desa yang masih memegang teguh adat serta pengaplikasian kearifan lokal dalam pengelolaan dan pemanfaatan hasil hutan yang lestari. Mendukung hal tersebut, BBTNLL telah memberikan bantuan peningkatan ekonomi produktif pada kelompok Masyarakat Hukum Adat di Desa Marena pada tahun 2020.

Dalam sambutannya Kepala Desa Marena dan Ketua Kelompok menyampaikan terima kasih dan tentunya dengan kegiatan ini masyarakat dapat meningkatkan ekonomi mereka dengan memanfaatkan hasil hutan bukan kayu secara arif dan lestari, serta harapan untuk kerjasama yang berkesinambungan.

Menyambut hal tersebut Kepala BBTNLL juga berpesan untuk menyiapkan generasi penerus kita untuk menyikapi perkembangan zaman terutama terkait pelestarian Adat Budaya serta Alam. Selain itu Kepala BBTNLL berpesan untuk evaluasi dan monitoring berkala kegiatan pemberdayaan masyarakat agar dapat tercapai target dan meminimalisir kendala yang terjadi.


Sumber : Balai Besar TN Lore Lindu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini