Simulasi Pembukaan Wisata Alam TN Way Kambas

Labuhan Ratu, 18 Januari 2021 - Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) berencana membuka kembali kegiatan wisata alam yang ada. Sebagai tahap awal, Balai TNWK menggelar simulai kegiatan wisata di masa pandemi corona virus disease (covid-19), Senin (18/1).

Simulasi kegiatan wisata dengan menerapkan protokol kesehatan digelar di Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang dibuka oleh Bupati Lampung Timur (Lamtim) Zaiful Bokhari, ST. MM. dan juga dihadiri Kapolres Lampung Timur AKBP Wawan Setiawan, SIK serta jajaran Forkopimda Lampung Timur.

Zaiful Bokhari menjelaskan, simulasi ini dilaksanakan untuk mengecek persiapan Balai TNWK dalam menerima kunjungan wisata dengan menerapkan protokol kesehatan. Menurutnya, dari hasil pengecekan hari ini, Balai TNWK telah menyiapkan protokol kesehatan untuk kegiatan wisata mulai dari pintu masuk sampai dengan di Pusat Latihan Gajah seperti, pengecekan suhu tubuh, penyediaan perlengkapan cuci tangan yang tersebar di sejumlah titik sampai dengan penyiapan posko kesehatan. 

Dilanjutkan, rencana pembukaan kegiatan wisata di kawasan TNWK itu juga sebagai upaya menghidupkan kembali ekonomi masyarakat di desa penyangga. “Sejak penutupan kegiatan wisata di TNWK, perekonomian masyarakat desa penyangga mengalami penurunan, banyak pelaku usaha wisata di sekitar TNWK bahkan Lampung ini yang berhenti,”lanjut Zaiful.

Pada kesempatan yang sama Plt. Kepala Balai TNWK, Amri, SH. M.Hum. mengatakan, sejak 11 bulan yang lalu kegiatan wisata di TNWK ditutup dalam rangka mencegagah penyebaran pandemi Covid-19. Ternyata dampak dari penutupan kegiatan wisata ini sangat dirasakan oleh masyarakat sekitar kawasan yang ekonominya ditopang dari kegiatan wisata TNWK. Dengan mempertimbangkan kepentingan perekonomian masyarakat desa penyangga yang menggantungkan hidupnya dari kegiatan wisata, maka, Balai TNWK berencana membuka kembali kegiatan wisata alam yang ada di TNWK.

“Demi kepentingan masyarakat banyak dan untuk membantu pemerintah dalam pemulihan ekonomi dari sektor wisata, kami bermaksud membuka kembali kegiatan wisata yang ada di TN. Way Kambas dengan protokol kesehatan yang ketat”. Para pengunjung harus tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan yang sudah ditentukan (3 M + 1T) dan kami mohon kepada Tim Satgas Covid-19 kabupaten Lampung Timur dapat membantu dalam penegakan protokol kesehatan kepada para wisatawan yang datang, imbuhnya.

Kegiatan wisata di TNWK akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat bagi para pengunjung. Pengunjung dari Lampung Timur harus menunjukan surat kesehatan. Kemudian, bagi pengunjung dari luar daerah harus menunjukan surat keterangan bebas Covid-19 yang masih berlaku. Pengunjung juga dilarang bersentuhan langsung dengan satwa yang ada di TNWK.

“Untuk menjaga kesehatan satwa yang ada di dalam kawasan TNWK, para pengunjung tidak diperkenankan bersentuhan dengan satwa. Untuk itu kegiatan menunggang gajah yang biasanya menjadi salah satu kegiatan favorit wisatawan, pada masa pandemi ini ditiadakan. Pengunjung hanya boleh melihat atraksi gajah dan berswafoto tanpa menyentuh gajah”terang Amri.

“Hasil kegiatan Simulasi ini akan kami usulkan kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendapatkan persetujuan pembukaan kembali kegiatan wisata alam di TNWK dari ibu Menteri LHK”, imbuhnya.

Pada kegiatan simulasi ini diakhiri dengan penandatanganan bersama SOP Kegiatan wisata di TNWK oleh Tim Satgas Covid-19 yang terdiri Bupati sebagai ketua, Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua Pengadilan, Kadis Kesehatan dan BPBD sebagai tanda kegiatan wisata di TNWK siap dibuka kembali dengan syarat mematuhi protokol kesehatan sesuai isi SOP yang ada.

Sumber: Humas Balai Taman Nasional Way Kambas

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini