Pemanduan Kelompok Masyarakat Peduli Elang Flores

Jumat, 04 Desember 2020

Ende, 4 Desember 2020. Seperti yang kita ketahui Elang Flores merupakan salah satu raptor di Taman Nasional (TN) Kelimutu yang dilindungi karena populasinya yang hampir punah. Oleh karena itu, untuk menjaga kelangsungan hidupnya, Balai Taman Nasional Kelimutu mengadakan kegiatan Pelatihan Pemanduan Kelompok Masyarakat Peduli Elang Flores (Jatabara) kelurahan Wolojita yang dilaksanakan di Aula kantor Kelurahan Wolojita, Senin (30 Nov - 01 Des).

Dihari pertama kegiatan perserta pemanduan yang terdiri dari Anggota Kelompok, Tokoh Adat (Mosalaki), Pihak Pemerintah, serta personil Resort diberikan beberapa materi yang dibawakan oleh beberapa instruktur terdiri dari Camat Wolojita, Kepala Resort Wolojita, dan Pemandu Burung Nusantara. Kegiatan yang dilaksanakan tetap dengan mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Kegiatan dilanjutkan pada hari Kedua, dihari kedua peserta mengikuti kegiatan praktek lapangan yang berlokasi di hutan adat Otoseso. Saat turun langsung ke lokasi, perserta melakukan identifikasi beberapa jenis burung yang sempat mereka jumpai. Tak hanya itu, perserta juga melakukan tata cara aturan dan teknik pemanduan yang benar serta membuat jalur/rute perjalanan ke lokasi hutan adat.

Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan diskusi sekaligus arahan dalam pemanduan berupa penegasan terhadap pemburuan liar dan himbauan agar stop dalam pemburuan liar.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menciptakan pemandu yang profesional dan berkompeten.

Sumber : Balai Taman Nasional Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini