Jalin Kerjasama Kemitraan Konservasi, Anggota KTHK Rela Tebang Sawit untuk Pemulihan Ekosistem

Alur Baning, 28 Oktober 2020. Kelompok Tani Hutan Konservasi (KTHK) Marsada, Balai Besar TN Gunung Leuser wilayah resor Lawe Malum, Forum Konservasi Leuser (FKL) bersama Babinsa Babul Rahmah menumbangkan ratusan tanaman sawit  dalam kawasan TN Gunung Leuser  wilayah desa Alur Baning, kec. Babul Rahmah, kab. Aceh Tenggara, selama sepekan, 12-18 Oktober.

Tanaman kelapa sawit seluas 5,5 ha dan telah berusia 10-15 tahun tersebut merupakan garapan Gimondi Panjaitan yang saat ini merupakan anggota KTHK Marsada dan telah bersedia menyerahkan pun secara sukarela menebang tanamannya tersebut.

Penumbangan sawit ini sebagai bagian dari upaya pemulihan ekosistem TN Gunung Leuser yang dilaksanakan melalui kemitraan konservasi. KTHK Marsada termasuk satu dari 13 kelompok masyarakat yang pertama kali menjalin kerjasama dengan BBTN Gunung Leuser, pada Oktober 2018. Kerjasama diselenggarakan dalam bentuk kemitraan konservasi dengan melibatkan masyarakat dalam ruang lingkup yang disepakati bersama sesuai peraturan perundangan.

Menanggapi hal ini, Kepala BBTN Gunung Leuser, Jefry Susyafrianto mengapresiasi inisiasi penyerahan tanaman sawit oleh Gimondi Panjaitan tersebut sebagai satu langkah atau upaya bersama antara Balai Besar TN Gunung Leuser dengan masyarakat  pemulihan ekosistem TN Gunung Leuser.

“Semoga semangatnya menyebar juga kepada anggota KTHK lain dan membawa dampak positif bagi kelestarian kawasan dan ketahanan pangan masyarakat ke depan”, ujarnya.

Selanjutnya lahan akan ditanami tanaman kayu dan tanaman kehidupan sebagai upaya pemulihan ekosistem TN Gunung Leuser. Bibit tanaman kayu dan tanaman kehidupan telah dipersiapkan di persemaian yang dikelola secara bersama KTHK, Balai Besar TN Gunung Leuser dan FKL.

Saat ini terdapat 36 KTHK yang telah bekerjasama dengan Balai Besar TN Gunung Leuser dalam rangka pemulihan ekosistem melalui kemitraan konservasi, yaitu 4 KTHK di kab. Aceh Tenggara, 20 KTHK di kab. Gayo Lues dan 12 KTHK di kab. Langkat, dengan jumlah Kepala Keluarga sekitar 1.500 KK.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini