Reaktivasi Kawasan Taman Nasional Karimunjawa

Karimunjawa, 17 Oktober 2020 - Kemarin secara resmi Kawasan Taman Nasional Karimunjawa telah dibuka kembali untuk aktivitas wisata secara bertahap dan terbatas oleh Bupati Jepara di Pelabuhan Kartini, Jepara pada hari Jumat tanggal 16 Oktober 2020.

Proses yang dilakukan untuk dapat membuka kembali Taman Nasional Karimunjawa untuk aktivitas wisata cukup panjang. Mulai dari persiapan  penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) kunjungan wisata dan penetapan kuota wisatawan bersama para pihak, menyiapkan system booking online, optimalisasi Call Center dan media sosial.

Balai Taman Nasional Karimunjawa (BTNKJ) juga melakukan persiapan bersama para pihak melalui rapat virtual sebanyak 2 kali, rapat koordinasi ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah hingga Pemerintah Kabupaten Jepara, melakukan sosialisasi dengan pelaku wisata di Karimunjawa dan Jepara serta  simulasi reaktivasi Kawasan untuk wisata alam pada masa adaptasi kebiasaan baru.

Balai Taman Nasional Karimunjawa mensyaratkan wisatawan mengisi booking online melalui http://bit.ly/bookingTNKJ dengan tujuan memastikan wisatawan yang datang tidak melebihi batas kuota yang ditetapkan yaitu 100 orang/minggu pada tahap awal.

Selain itu, booking online juga bertujuan untuk memastikan pengunjung memahami bahwa dimasa pandemi kunjungan ke Taman Nasional Karimunjawa mensyaratkan adanya surat kesehatan (hasil rapid/swab), sehingga wisatawan menyiapkan hal tersebut sebelum melakukan kunjungan ke Taman Nasional Karimunjawa. Pembatasan usia juga dilakukan, anak-anak dibawah 10 tahun dan lansia diatas 60 tahun tidak diperkenankan melakukan kunjungan ke Karimunjawa.Informasi tarif masuk TN Karimunjawa juga ada di booking online.

Hari pertama TN Karimunjawa dibuka untuk aktivitas wisata, tercatat baru 22 orang yang melakukan booking online dan hari kedua tercatat ada 7 orang. Sedangkan hasil pemantauan yang dilakukan oleh Taman Nasional Karimunjawa di pelabuhan penyeberangan Karimunjawa, hari pertama terdapat 46 orang wisatawan dan hari kedua tercatat ada 11 orang. Staff Taman Nasional Karimunjawa tetap mendata wisatawan yang belum melakukan booking online dan meminta pengunjung tersebut mengisi booking online sebelum melakukan aktivitas wisata di Taman Nasional Karimunjawa.

 

Sumber: Balai TN Karimunjawa

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini