Penyerahan Bantuan Pengembangan Ekonomi Masyarakat Kepada 4 Desa

Sambutan Kepala Balai TNBBBR

Katingan, 13 Oktober 2020 - Bertempat di Desa Kiham Batang Kecamatan Katingan Hulu Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah telah dilaksanakan kegiatan Penyerahan Bantuan Pengembangan Ekonomi Masyarakat Zona Tradisional Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Di Desa Kiham Batang, Desa Rangan Kawit, Desa Dehes Asem, dan Desa Kuluk Sapangi. Bantuan yang diberikan diperuntukan bagi pengembangan budidaya rotan dan budidaya babi batam yang merupakan permintaan masyarakat yang diperoleh dari hasil musyawarah 4 kelompok tani yang berasal dari 4 desa terebut.

Diserahkan langsung oleh Kepala Balai TN Bukit Baka Bukit Raya Bapak Agung Nugroho, S.Si., MA., didampingi oleh Kepala SPTN Wilayah II Kasongan Bapak Firasadi Nursub’i, S.Hut. yang dihadiri oleh unsur Muspika (Kecamatan, Polsek, dan Koramil), perwakilan pemerintahan 4 desa (Desa Kiham Batang, Desa Rangan Kawit, Desa Dehes Asem, dan Desa Kuluk Sapangi), perwakilan Kelompok Tani Kewat Permai (Desa Kiham Batang), perwakilan Kelompok Tani Harapan Bersama (Desa Rangan Kawit), perwakilan Kelompok Tani Maju Bersama (Desa Dehes Asem), dan perwakilan Kelompok Tani Penyang Hapakat (Desa Kuluk Sapangi), serta tokoh adat (visur). Kegiatan ini merupakan rangkaian tahapan pelaksanaan Kemitraan Konservasi yang dijalin Balai TN Bukit Baka Bukit Raya dengan 4 (empat) desa penyangga di wilayah kerja Resort Kuluk Sapangi SPTN Wilayah II Kasongan Balai TN Bukit Baka Bukit Raya.

Acara dimulai dengan upacara penyambutan tamu (Potong Pantan) oleh tokoh adat dan perangkat Desa Kiham Batang, agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam pelaksanaan kegiatan dengan didasari niat serta tujuan yang baik. Kegiatan dimulai dengan penyampaian sambutan dari Kepala Desa Kiham Batang sekaligus membuka acara dimana didalam sambutannya disampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Balai TN Bukit Baka Bukit Raya atas upaya yang dilakukan dalam rangka peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, diharapkan juga kepada pihak taman nasional untuk dapat melakukan pendampingan lebih lanjut agar bantuan yang diserahkan ini bisa menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Camat Katingan Hulu yang diwakili oleh Sekretaris Camat yang dalam sambutannya disampaikan apresiasi kepada pihak Balai TN Bukit Baka Bukit Raya atas pemberian bantuan ini, dalam upaya membantu meningkatkan pereknomian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan taman nasional. Sekcam juga menyampaikan agar selalu berkoordinasi dengan dinas terkait menyangkut program bantuan yang diberikan kepada masyarakat, sehingga tidak terjadi tumpang tindih penyaluran pada desa yang sudah diberikan bantuan.

Kelompok Tani Penerima Bantuan Pengembangan Ekonomi Masyarakat Zona Tradisional

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

 

Sekcam juga berharap kepada kelompok tani agar bantuan ini dapat berkesinambungan, sehingga memberikan manfaat jangka panjang dan memberikan kesempatan kepada masyarakat diluar kelompok tani untuk bekerjasama dalam pengembangan ternak babi. Penyampaian Peraturan Bupati Katingan Nomor 53 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Kapolsek Katingan Hulu menyampaikan pencegahan karhutla dan dampak karhutla, himbauan tidak melakukan kegiatan illegal (logging, fishing, mining), serta menerapkan prosedur pencegahan covid-19.

Kepala Balai TN Bukit Baka Bukit Raya menyampaikan sambutan mengenai profil singkat Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, tugas pokok dan fungsi, manfaat keberadaan taman nasional, pencegahan karhutla, protokol pencegahan covid-19, himbauan untuk selalu bekerja sama dalam menjaga taman nasional, serta harapan yang ingin dicapai terhadap bantuan yang diberikan supaya berkembang dan berkelanjutan. Selanjutnya, dalam kesempatan ini juga menyerahkan secara simbolis bantuan pengembangan ekonomi masyarakat kepada 4 (empat) kelompok tani desa penyangga.

Perwakilan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan juga menyampaian tips dan penjelasan terkait tatacara pemeliharaan, penanganan, dan perawatan hewan ternak babi, hingga nantinya bisa berkembang biak dan menghasilkan ternak dengan kualitas yang baik. Kesan dan pesan disampaikan oleh perwakilan 4 (empat) kelompok tani mengenai bantuan yang sudah diterima, pada kesempatannya semua kelompok tani mengucapkan terima kasih kepada pihak Balai TN Bukit Baka Bukit Raya atas bantuan yang sudah diberikan yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, dan akan bersungguh-sungguh melaksanakan kegiatan yang sudah ditentukan. Masyarakat juga mengharapkan bimbingan lanjutan, sehingga perkembangan bantuan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan. Kegiatan di tutup oleh Kepala Desa Kiham Batang dengan do’a bersama, dan dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi kelompok tani penerima bantuan babi batam.

 

Sumber: Balai TN Bukit Baka Bukit Raya

Firasadi Nursub’i, S.Hut. (Kepala SPTN Wilayah II Kasongan)

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini