Hari Ini, Puncak Peringatan HKAN 2020 Diselenggarakan

Rabu 16 September 2020 - peringatan puncak HKAN 2020 dilangsungkan di di Bontang Mangrove Park, Taman Nasional Kutai, Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur. Tarian Jepen menjadi pembuka acara peringatan, yang menggambarkan masyarakat Kutai sedang bergembira dan sukaria menyambut perayaaan, dengan gerakan yang dinamis dan energik namun tetap bersahaja, yang tercermin dalam busana yang dikenakan para penari.

 

Peringatan puncak HKAN 2020 dihadiri oleh Wakil Menteri LHK, Dirjen KSDAE, Gubernur Kalimantan Timur, Kepala BRG, Walikota Bontang (2007 – 2011) dan periode saat ini, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri LHK, Pejabat Eselon II lingkup KLHK, Pejabat Eselon I dan II lingkup Provinsi Kalimantan Timur, Kejari Kota Bontang, Kapolres Kota Bontan, Anggota komite II DPRD Kota Bontang, Forkopinda Kaltim diwakili Danrem Kaltim, Kepala UPT lingkup Ditjen KSDA, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bontang, Mitra KLHK, Mitra Ditjen KSDAE dan Mitra TN Kutai, Insan Media

 

Direktur Jenderal KSDAE, Wiratno  menyampaikan dalam laporan singkatnya bahwa peringatan HKAN 2020 di Bontang Mangrove Park menjadi momentum perayaan nasional yang sangat bersejarah karena diselenggarakan ditengah-tengah pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung di dunia. Pandemi Covid tidak hanya berdampak pada kesehatan namun segala aspek kehidupan, termasuk pengelolaan Kawasan konservasi. “Kami menutup kawasan konservasi selama tiga bulan penuh dan KLHK utamanya Ditjen KSDAE saat ini sedang bekerja keras memulihkan kawasan konservasi dari dampak pandemi Covid-19 dengan menyesuaikan protokol kesehatan”. Wiratno juga mengabarkan berita gembira dari TN Ujung Kulon atas kelahiran dua anak badak, satu jantan dan satu betina.

Peringatan puncak HKAN 2020 ini dihadiri oleh 443 peserta. Sebagaimana diketahui bahwa tanggal 10 Agustus telah ditetapkan Presiden sebagai Hari Konservasi Alam Nasional yang diperingati setiap tahunnya untuk mengkampanyekan gerakan konservasi alam kepada seluruh masyarakat Indonesia.

 

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Timur, Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Sc. berharap agar peringatan HKAN 2020 dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat Indonesia dan juga dunia intenasional. “Karena Kalimantan adalah paru-paru dinia. Artinya manfaatnya sangat baik dan luas bagi seluruh dunia. Kita jaga alam, kita syukuri apa yang diberikan Tuhan kepada kita. Tahun ini doa kita dikabulkan terutama di Kalimantan, karena saat musim panas tiba justru Kalimantan diberi hujan, artinya alam membantu kita untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. Di belahan dunia lain di Spanyo, Perancis, Bolivia dan Amerika Latin,dan sekrang di Oregon, bukan hanya hutan yang terbakat tapi juga rumah penduduk, lebih dari 30.000 kehilangan rumah Jadi kita termasuk yang diberi anugerah oleh Tuhan. Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke 4 di dunia, semoga,” paparnya. Terkait dengan pandemic Covid-19 yang sedang melanda dunia, Isran Noor mangajak semua yang hadir dan juga masyarakat Kalimantan Timur untuk menerapkan protokol kesehatan.  “Vaksin yang kita punya, jaga kebersihan, jaga jarak, pakai masker, hindari kerumuman. Ini adalah vaksin yang paling ideal yang dapat kita lakukan sendiri,”tegasnya.

 

Menteri LHK dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Menteri LHK, Aloe Dohong menekankan pentingnya bagi semua pihak untuk bersungguh-sungguh dalam menjaga sumberdaya alam dengan sebaik-baiknya. Karena dengan menjaga alam sama dengan menjaga peradaban. Menteri LHK juga mengajak untuk memberikan contoh kepada generasi muda bahwa dalam menjaga sumberdaya alam kekayaan bangsa ini membutuhkan aksi nyata dengan pemahaman yang tepat, dengan melibatkan dan menggerakkan seluruh elemen bangsa untuk berkomitmen menjadi bagian tak terpisahkan dari konservasi alam, untuk hidup harmoni dan semakin lebih menghargai  alam.

Peringatan puncak HKAN 2020 disertai dengan aksi nyata berupa penanaman mangrove dan pelepasliaran satwa yaitu Tekukur 25 ekor, perkutut 25 ekor, jalak kerbau 20 ekor di area Bontang Mangrove Park.

  

Menteri LHK juga memberikan Anugrah Konservasi HKAN kepada 19 orang atas prestasinya dalam menjaga alam. Selain itu, terdapat pula 16 orang yang menerima penghargaan atas kontribusinya dalam pengelolaan Kawasan konservasi dari Dirjen KSDAE, Wiratno.

 

Peringatan puncak HKAN 2020 selain dilangsungkan di Bontang Mangrove Park, juga disiarkan secara online melalui akun resmi Instagram Direktorat PJLHK @harikonservasialamnasional dan @ayoketamannasional_official, juga melalui Zoom yang diikuti sebanyak 422 peserta, tidak hanya dari jajaran KLHK namun juga para mitra dan Lembaga/instansi lain.

Selamat Hari Konservasi Alam Nasional 2020!

 

Sumber: Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK)

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini