Air Sebagai Sumber Energi, Kontribusi Nyata Kawasan Konservasi

Bontang, 16 September 2020 - Plt. Kepala Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Ismanto, S.Hut., M.P menghadiri acara puncak peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) pada tanggal 16 September 2020 di Bontang, Kalimantan Timur. 

“Balai Besar TNBBS mendorong pengembangan pemanfaatan jasa lingkungan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan, sehingga masyarakat merasakan manfaat keberadaan kawasan TNBBS dan berperan aktif mendukung program konservasi menjaga kelestarian TNBBS. Sampai dengan saat ini, Balai Besar TNBBS telah menerbitkan 45 Izin Pemanfaatan Air (IPA) dan 28 Izin Pemanfaatan Energi Air (IPEA)”, ungkap Plt. Kepala Balai Besar TNBBS Ismanto, S.Hut., M.P.

Peringatan HKAN tahun 2020 diselenggarakan tanggal 15 – 16 September 2020 di Bontang Mangrove Park (BMP) Taman Nasional Kutai, Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan Peringatan HKAN kali ini mengusung tema: “Nagara Rimba Nusa: Merawat Peradaban Menjaga Alam.”, diisi dengan berbagai kegiatan antara lain: Talkshow (tema: Bontang Green City, Smart City, Creative City); Kisah Pendakian Everest; Talkshow Sejarah Taman Nasional Kutai; Launching dan Bedah Buku Wisata Intelektual; Penyerahan Apresiasi Penghargaan oleh Direktur Jenderal KSDAE; Penyerahan Apresiasi Penghargaan Mitra TN Kutai oleh Direktur Jenderal KSDAE kepada Walikota Bontang; Sarasehan Kepala UPT untuk menentukan lokasi HKAN 2021; Arahan dan diskusi terkait Pelaksanaan PEN Padat karya penyangga wisata konservasi; Pemberian Anugerah Konservasi Alam HKAN 2020 oleh Menteri LHK dan Dirjen KSDAE; Aksi Nyata penanaman mangrove dan pelepasliaran satwa 4 ekor Elang.

Salah satu pemegang Izin Pemanfaatan Energi Air (IPEA) Balai Besar TNBBS yaitu Kelompok Pemanfaat Air Seputin Balak Desa/Pekon Kubuperahu Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, mendapatkan kehormatan menjadi salah satu penerima Anugerah Konservasi Alam HKAN 2020 oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong kepada Ketua Kelompok Pemanfaat Air Seputin Balak.

“Bermukim di Desa Enclave Kubuperahu ini adalah suatu anugerah bagi saya, khususnya selain karena udara yang sangat segar, masyarakat yang ramah, di sini juga dianugerahi alam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang begitu indah, dan menyediakan air jernih dan bersih. Dalam hal ini saya juga sebagai  Ketua Kelompok Pemanfaat Energi Air Way Seputin Balak, tentunya saya juga bersama anggota kelompok lain juga memiliki kewajiban pemeliharaan bangunan Piko Hidro, juga melakukan pemeliharaan jalur kabel dan saluran air. Selain itu juga kami ikut menjaga kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dari kegiatan illegal manusia dan melakukan penanaman. Kami sangat mengucapkan terima kasih kepada petugas Taman Nasional, Polhut, PEH, Penyuluh yang terus mendampingi kami hingga saat ini”, ujar Ketua  Kelompok Pemanfaat Air Seputin Balak Hamdi.

Pernyataan ini disampaikan oleh Hamdi beberapa waktu lalu, saat mengetahui Kelompoknya akan diberikan Anugerah Konservasi Alam HKAN 2020, karena telah melakukan pemanfaatan energi air berkelanjutan, dan sejak tahun 2017 telah merehabilitasi kawasan TNBBS di sekitar Bumi Perkemahan Kubu Perahu seluas 1 Ha dengan jumlah tanaman 110 batang.

 “Kami berupaya terus mengembangkan potensi kawasan TNBBS melalui pemanfaatan jasa lingkungan air untuk meningkatkan nilai manfaat TNBBS. Masyarakat penerima manfaat air melalui Izin Pemanfaatan Air (IPA) berjumlah 1.556 Kepala Keluarga (KK) dan  melalui Izin Pemanfaatan Energi Air (IPEA) berjumlah 224 KK. Jumlah masyarakat penerima manfaat jasa lingkungan air akan terus bertambah, karena masih ada kelompok masyarakat di sekitar kawasan TNBBS yang akan mengajukan permohonan izin pemanfaatan. Kita juga terus melakukan pendampingan pada masyarakat, agar dalam proses pengajuannya dengan mematuhi peraturan yang berlaku, dan melakukan kampanye program konservasi untuk kelestarian TNBBS”, tambah Plt. Kepala Balai Besar TNBBS Ismanto, S.Hut., M.P.

 

“ENERGI AIR SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF, TERBARUKAN DAN RAMAH LINGKUNGAN”

 

Sumber: Balai Besar TN Bukit Barisan Selatan

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini