Bunga Parasit Cantik Mekar Kembali Di Meru Betiri

Bandealit, 6 Agustus 2020 – Tim Monitoring Rafflesia Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) kembali menemukan Bunga Rafflesia zollingeriana yang mekar sempurna di Plot Permanen Blok Krecek, Resort Bandealit, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Ambulu. Rafflesia zollingeriana merupakan tumbuhan holoparasit endemik di TN Meru Betiri yang menjadi salah satu prioritas pengelolaan flora fauna. Menurut Koordinator PEH Nur Rohmah Syarief beberapa upaya yang sudah dilakukan dalam upaya pengawetan flora langka ini meliputi monitoring secara periodik, pembinaan populasi dan habitat Rafflesia zollingeriana.

“PEH TN Meru Betiri melakukan pengamatan Rafflesia zollingeriana setiap bulan di beberapa plot permanen pengamatan, saat kondisi Rafflesia akan mekar pengamatan dilakukan lebih intensif sehingga dapat dijumpai kondisi Rafflesia yang mekar sempurna karena bunga ini hanya mekar dalam waktu yang sebentar,” kata Nur Rohmah.

“Tahun ini PEH TN Meru Betiri akan melakukan kegiatan Inventarisasi Populasi dan Sebaran Rafflesia zollingeriana di kawasan TN Meru Betiri”, tambahnya.

Bunga Rafflesia zollingeriana yang mekar pada hari ini mempunyai ukuran diameter 37 cm dan tumbuh pada inang Tetratigsma lanceolarium. Saat ini di Resort Bandealit juga dilaporkan dijumpai knop Rafflesia zollingeriana sebanyak 6 knop dengan variasi ukuran keliling antara 19 cm sampai dengan 41 cm.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini