Persiapan P1 Program Pemulihan Ekosistem Site Tanamodu

Waingapu, 22 Mei 2020. Seluruh kabupaten di Pulau Sumba yang berjumlah 4 kabupaten telah melakukan semi lockdown dengan lebih memperketat perbatasan. Para pelaku perjalanan yang melintas di batas kabupaten akan diperiksa kelengkapan surat tugas dan surat kesehatan untuk dapat melintas. Hal ini cukup menyulitkan petugas karena kawasan TN Matalawa terbagi di 3 kabupaten

Ini pula yang terjadi saat petugas akan melakukan pengawasan program Pemulihan Ekosistem (PE) di site Tanamodu. Kepala Resort Taman Mas yang sekaligus juga sebagai penanggung jawab program PE di site ini, Gaudencio Gabriel, S.ST, harus melalui penjagaan tidak hanya di perbatasan antar kabupaten, tapi juga batas antar desa.

Site Tanamodu telah menyelesaikan penanaman pada akhir Desember tahun lalu dan akan memasuki masa pemeliharaan pertama pada tahun ini. Terlihat para pekerja yang tergabung dalam kelompok kerja telah menyelesaikan pekerjaan pengisian polybag untuk kemudian ditanami bibit. Gaudencio yang melakukan pendampingan lapangan kepada para anggota kelompok terus memberikan semangat walaupun bekerja di tengah kondisi pandemi. Ia juga mengingatkan kepada para anggota untuk terus menjaga kesehatan diri. Para anggota kelompok ini akan menyelesaikan penyiapan bibit tanaman sebanyak 20.000 bibit untuk ditanam pada areal seluas 22,66 Ha.

Sumber: Balai Taman Nasional Matalawa

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini