Kunjungan Kerja Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Taman Nasional Baluran

Sabtu, 22 Februari 2020

Situbondo, 21 Febuari 2020 - Dr. Alue Dohong selaku Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada hari ini Jumat 21/02/2020 datang berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Wamen LHK didampingi oleh Dirjen KSDAE Ir.Wiratno, M.Sc dan Sekditjen KSDAE Ir. Tandya Tjahjana, M.Si beserta rombongan mengunjungi Savana Bekol sekaligus menyapa dan berbincang-bincang dengan para masyarakat yang sedang bekerja melakukan pembersihan tanaman invasif berupa seedling Acacia nilotica dalam rangka untuk pemulihan ekosistem savana Bekol.

Bahkan pada kesempatan itu, Bapak Alue Dohong dan Bapak Wiratno turut serta mencoba melakukan pencabutan anakan Acacia nilotica dan membabat acacia yang tumbuh kembali pada tunggak bekas tebangan. Tanaman Acacia nilotica adalah tanaman yang menginvasi keberadaan savana di Taman Nasional Baluran hingga seluas sekitar 6.400 ha dari 10.000 ha total luas Savana Baluran

Selain itu Wamen beserta rombongan juga mengecek kondisi satwa Banteng yang ada di Suaka Satwa Banteng di Bekol . Suaka Satwa Banteng Baluran dimulai sejak tahun 2012 dimana kecenderungan populasinya mengalami tekanan sebagai akibat dari perburuan liar, predasi dan berkurangnya kualitas dan kuantitas habitat. Sehingga Suaka Satwa Banteng ini bertujuan untuk meningkatkan populasi Banteng di habitat alami, mengembangbiakan Banteng secara semi alami dan meningkatkan kualitas genetiknya.

 

Sumber: Balai TN Baluran

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini