Saka Wanabakti Sintang Binaan Balai TN Bukit Baka Bukit Raya Laksanakan Latsar dan Pengukuhan Anggota

Selasa, 28 Januari 2020

Sintang, 26 Januari 2020 - Saka Wanabakti Cabang Sintang menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Saka Wanabakti yang dilaksanakan tanggal 24 s.d. 26 Januari 2020 di Resort Bukit Luit Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sintang Utara. Kegiatan Diklatsar Saka Wanabakti diikuti oleh anggota pramuka jenjang penegak bantara pada lingkup Kwartir Cabang Sintang. Tanggal 24 Januari 2020 tepat pukul 09.00 WIB. Upacara pembukaan diklatsar dilaksanakan di halaman visitor center Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) Sintang diikuti seluruh peserta serta dihadiri segenap Majelis Pembina Saka (Mabisaka), perwakilan Kwartir Cabang Sintang, Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Kepala Daops Manggala Agni Sintang, Kepala KPH Sintang Timur, KPH Sintang Utara dan SKW II BKSDA Kalimantan Barat. Kegiatan ini menandai pengaktifan kembali Saka Wanabakti Sintang yang diinisiasi oleh BTNBBBR setelah vakum selama 20 tahun.

Kepala Balai TNBBBR, Bapak Agung Nugroho, S.Si., M.A. selaku Penasehat Pimpinan Saka Wanabakti Cabang Sintang menyampaikan amanat dalam upacara pembukaan tersebut bahwa Saka Wanabakti Sintang merupakan satuan karya pramuka yang memiliki peran strategis  dalam membangun kehutanan di wilayah Kabupaten Sintang dan sekitarnya. Calon anggota Saka Wanabakti sebagai penerus estafet pembangunan harus bersungguh-sungguh dalam menorehkan bakti untuk mewujudkan hutan dan alam yang lestari. Bapak Agung Nugroho berharap dengan diselenggarakannya diklatsar ini menjadi tonggak lahirnya kembali Saka Wanabakti Cabang Sintang yang akan terus hidup sepanjang masa.

Dibawah rintik hujan kontingen peserta diklatsar dilepas secara resmi dilepas menuju lokasi perkemahan oleh Kepala Balai TNBBBR. Peserta diklatsar berjumlah dua puluh delapan orang terbagi ke dalam empat krida yaitu Tata Wana, Guna Wana, Bina Wana dan Reksa Wana. Selama kegiatan diklatsar, calon anggota saka dibekali dengan materi dasar dan praktek umum kesakaan yang berkaitan dengan pengelolaan kawasan hutan, konservasi sumberdaya alam hayati, jungle survival dan rehabilitasi hutan dan lahan. Materi-materi diklatsar tersebut disampaikan oleh narasumber dari BTNBBBR, SKW II BKSDA Kalbar, KPH Sintang Utara, KPH Sintang Timur, Manggala Agni Daops Sintang Universitas Kapuas Sintang dan Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI).

Mengakhiri rangkaian kegiatan diklatsar, pengukuhan anggota Saka Wanabakti Cabang Sintang dilakukan pada tanggal 26 Januari 2020 oleh Kepala BTNBBBR. Seluruh peserta diklatsar dinyatakan lulus mengikuti prosesi pendidikan dan pelatihan yang telah dilaksanakan. Selanjutnya secara reguler pelatihan kesakaan akan terus dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan kapasitas anggota Saka Wanabakti Cabang Sintang. (Helmy Adhi Kusuma)

Sumber : Helmy Adhi Kusuma, S.Hut., ME. - Penyuluh Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Humas Dan Publikasi Balai TN Bukit Baka Bukit Raya

Contact Person           :    Dudy Kurniawan

Call Centre                   :    082158564609

e-mail                           :    bukitbakabukitraya@gmail.com

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini