30 Anggota Pramuka Bantara Persami di Wisata Alam Belaban TN Bukit Baka Bukit Raya

Selasa, 28 Januari 2020

Nanga Pinoh, 27 Januari 2020 - Gugus Depan (Gudep) Pandawa 01.039 dan 01.040 Pangkalan SMA Negeri 1 Sintang mengadakan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami)  yang berlangsung selama 2 hari pada tanggal 25 dan 26 Januari 2020 di Camping Ground Wisata Alam Resort Belaban Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Nanga Pinoh Taman Nasional  Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR).  

Kegiatan PERSAMI ini diikuti sebanyak 33 orang peserta yang terdiri dari 30 orang anggota Pramuka Bantara dan didampingi 3 orang pembinanya merupakan perkemahan terakhir sekaligus menjadi ajang pembubaran Bantara yaitu anggota pramuka kelas XII yang beberapa bulan kedepan akan menjalani ujian akhir sekolahnya. Oleh karena itu kegiatan ini lebih bersifat rekreasi dibanding kegiatan pendidikan dan latihan seperti sebelum sebelumnya.

Didampingi petugas dan dipandu 1 kendaraan patroli TN Bukit Baka Bukit Raya, rombongan berangkat dengan 3 unit kendaraan roda empat  dari SMA Negeri 1 Sintang menuju SPTN Wilayah 1 Nanga Pinoh,  dilanjutkan menuju Kawasan Wisata Alam Resort Belaban.   Kondisi  jalan  yang  rusak  antara  Nanga  Pinoh hingga tujuan di Resort Belaban menuntut kehati-hatian yang tinggi dari driver agar kendaraan tidak terjebak di kubangan lumpur.

Setelah tiba di Pusat Informasi TNBBBR yang terletak di KM 37, peserta mendapat pengarahan dari pembina pramuka SMA Negeri 1 Sintang dan Pendamping dari TNBBBR. Selanjutnya peserta diarahkan menuju Camping Ground untuk mendirikan tenda masing-masing dan mempersiapkan diri untuk kegiatan selanjutnya.

Keesokan harinya peserta memuaskan diri dengan bermain di sungai Ella Hulu dan menikmati jernihnya dan bersihnya air pegunungan yang masih murni.  Setelah itu dengan pengawasan dari Petugas Lapangan dan Pendamping dari TNBBBR peserta diajak menikmati suasana hutan dari Jembatan Tajuk (Canopy Bridge) sekaligus memacu adrenalin.

Hari semakin siang saat peserta melaksanakan “gugur tenda” untuk mempersiapkan perjalanan kembali ke Sintang. Sebelum kembali ke Sintang peserta diajak menuju tugu perbatasan Kalimantan Barat-Kalimantan Tengah di KM 41.  Hari telah gelap saat rombongan tiba di SPTN Wilayah I Nanga Pinoh, selanjutnya perjalanan pun dilanjutkan hingga seluruh rombongan tiba dengan selamat di SMA Negeri 1 Sintang. 

Sumber : Dodi Marsadi, S.Hut. - PEH Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Nanga Pinoh Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Humas Dan Publikasi Balai TN Bukit Baka Bukit Raya

Contact Person           :    Dudy Kurniawan

Call Centre                   :    082158564609

e-mail :           bukitbakabukitraya@gmail.com

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini