Sahabat Dari Segara Anak

Cibodas, 6 Desember 2019 - Kali ini Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dikunjungi sahabat dari Indonesia bagian tengah, pemilik dari Danau Segara Anak yang berada dikawahnya, merupakan bagian dari keindahan alam yang ada di dalam kawasan tersebut yaitu Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang berada di Nusa Tenggara Barat.

Rombongan tiba di TNGGP (4/12/2019) dan disambut langsung oleh Kepala Balai Besar TNGGP, Wahju Rudianto beserta staf. Gustonni Marianto, koordinator rombongan menyapaikan maksud kunjungannya ke TNGGP untuk benchmarking pengelolaan wisata alam, TNGR berencana akan mengembangkan wisata lainnya yang saat ini baru fokus pada pendakian.

Pada sambutannya Wahju Rudianto menyampaikan, selain aktivitas wisata pendakian tidak kalah wisata lainnya di Resort Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Situgunung sebagai penghasil PNBP wisata terbesar BBTNGGP sejak 2018.

Dalam rangkaian acaranya, rombongan dari BTNGR memiliki dua agenda kunjungan benchmarking pengelolaan wisata alam. Kunjungan pertama (4/12/2019) dilakukan di kantor Balai Besar TNGGP Cibodas dan Resort PTN Mandalawangi, Bidang Wilayah I Cianjur.

Kemudian agenda berikutnya adalah mengunjungi Resort PTN Situgunung, Bidang Wilayah II Sukabumi (5/12/2019). Setibanya di Resort PTN Situgunung, rombongan BTNGR mendapat sambutan hangat dari Kepala Resort PTN Situgunung, Asep Suganda, bersama petugas Resort PTN Situgunung, dan mitra karya PT. Fontis Aquam Vivam.

Sajian kopi dalam suasana kabut tipis di Situgunung menambah hangatnya perbincangan. Suasana diskusi dan tukar informasi seputar pengelolaan kawasan, objek wisata, dan pemberdayaan masyarakan sekitar kawasan Resort PTN Situgunung, menjadi lebih akrab. Asep Suganda menjelaskan, “Pengelolaan wisata di Resort PTN Situgunung dengan membangun komitmen berbagai stakeholders secara berkelanjutan”.

Tak hanya berbincang dan berdiskusi, rombongan BTNGR yang didampingi Kepala Resort PTN Situgunung juga berkesempatan untuk mengunjungi Curug Sawer dengan melintasi Suspension Bridge Situgunung, dan diakhiri dengan mengunjungi Danau Situgunung, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Meskipun lelah berkeliling di sebagian kecil kawasan TNGGP, hal tersebut terbayar dengan sajian pemandangan yang indah dan menyejukan mata. TNGGP perlu berbangga karena dijadikan sebagai tempat untuk study banding pengelolaan wisata. Sudah sepatutnya kita sebagai pengelola untuk tetap menjaga bahkan meningkatkan kualitas pelayanan serta sarana dan prasarana wisata yang ada di dalamnya.

Sumber: Purnama P. S dan Asep Suganda dan Bangkit - Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini