Koordinasi Pengamanan Hutan Ke Polsek Singkuang Dan Koramil Natal Lingkup SPTN III Muarasoma Resort 6 Muara Bangko

Kamis, 05 Desember 2019

Kegiatan koordinasi pengamanan hutan di lingkup Resort pengelolaan Taman Nasional perlu dilakukan untuk mensinergikan pengelolaan taman nasional khususnya bentuk pengamanan terhadap gangguan yang terhadap kawasan hutan Taman Nasional Batang Gadis. Selain itu, kegiatan koordinasi pengamanan hutan di lingkup Resort ini juga dapat menggali informasi dan mendapatkan data pengelolaan bagi Taman Nasional Batang Gadis. Resort 6 Muara Bangko dengan luas 16000 ha pada wilayahnya mencakup Kecamatan Batang Natal, Kecamatan Ranto Baek, dan Kecamatan Muara Batang Gadis.

Polsek Singkuang merupakan Sektor Polisi dari Polres Kabupaten Mandailing Natal, yang mencakup wilayah Kecamatan Muara Batang Gadis. Sedangkan Koramil Natal merupakan Rayon Militer dari Kodim 212 di Padangsidempuan, yang memiliki wilayah mencakup Kecamatan Natal, Kecamatan Muara Batang Gadis dan Kecamatan Sinunukan. Hasil dari koordinasi pengamanan hutan ke polsek Singkuang dan Koramil Natal yaitu :

  • Personil Polsek Singkuang telah memahami sistem pengelolaan Taman Nasional Batang Gadis dan wilayah hukumnya.
  • Polsek Singkuang bersedia dan mendukung kegiatan bentuk pengamanan hutan dan pengawalan barang bukti, pengawalan personil dan proses hukum pelaku tindak pidana kehutanan dan bersedia ikut serta dalam kegiatan patroli gabungan.
  • Personil Koramil Natal telah memahami sistem pengelolaan Taman Nasional Batang Gadis dan wilayah hukumnya.
  • Koramil Natal bersedia untuk turut serta dalam usaha pelestarian Taman Nasional, pencegahan kebakaran hutan di Taman Nasional, dan bersedia ikut serta dalam kegiatan gabungan baik sosialisasi dan patroli pengamanan kawasan hutan Taman Nasional Batang Gadis.

Sumber : Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini