Evaluasi Kegiatan Restorasi di Kawasan TN Matalawa

Kamis, 21 November 2019

Waikabubak, 21 November 2019. Tidak terasa bahwa sudah 5 tahun Japan International Cooperation System (JICS) melakukan restorasi pada kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa). Proses pendekatan kepada masyarakat untuk menumbuhkan kepedulian terhadap kawasan hutan menjadi proses penting yang dilakukan pada tahun pertama kemudian dilanjutkan penanaman pada areal seluas ± 621 ha yang tersebar di 4 lokasi pada tahun kedua. Pada tahun-tahun selanjutnya dilakukan proses pemeliharaan seperti weeding, penyulaman, pembuatan sekat bakar hingga kegiatan lain yang bersifat pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan berkebun, beternak, dan pembuatan biogas.

Memasuki masa berakhirnya project, Direktorat Kawasan Konservasi (KK) bersama JICS melakukan pemeriksaan hasil kerja yang telah dilakukan selama 5 tahun terakhir untuk selanjutnya diserahterimakan kepada Balai TN Matalawa agar dilakukan pemeliharaan. Proses pemeriksaan berlangsung selama 2 hari pada tanggal 19 dan 20 November 2019. Direktorat KK yang dipimpin Kepala Seksi Pengendalian Pengelolaan KPA, Marlenni Hasan, S.Si, MP., menyatakan bahwa semua kegiatan yang telah dilaporkan setiap bulannya telah dengan baik dilaksanakan. Pertumbuhan tanaman yang sangat baik dapat dijadikan role model bagi kementerian dalam melaksanakan project penanaman ataupun restorasi ekosistem. Namun, ada beberapa titik yang terbakar dan diharapkan dapat kembali disulam sebelum tenaga teknis project ini meninggalkan lokasi.

Kepala Balai TN Matalawa Ir. Memen Suparman, M.M, mengucapkan terima kasih kepada JICS yang telah membantu dalam menghutankan kembali kawasan TN Matalawa selama 5 tahun ini. Kepala Balai mengharapkan agar seluruh ilmu serta jalinan komunikasi yang telah terbangun antara JICS dengan masyarakat atau dinas terkait dapat dilanjutkan oleh para petugas TN demi kelestarian hasil penanaman restorasi ini.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini