Pengamatan Demplot Rafflesia di Resort 5 Seksi PTN Wilayah III Muara Soma

Senin, 18 November 2019

Mandailing Natal, 18 November 2019. Keberadaan R. meijerii di Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) menjadi salah satu objek yang dapat meningkatkan nilai ekologi dan ekonomi kawasan. Anggota marga Rafflesia tidak memiliki akar, batang, dan daun sehingga pertumbuhan dan perkembangannya masih menjadi objek kajian yang memiliki nilai ilmiah yang tinggi. Keindahan warna, ukuran bunga, dan status kelangkaan Rafflesia diharapkan menjadi daya tarik untuk mempengaruhi masyarakat mengunjungi kawasan, namun ternyata hanya beberapa kelompok masyarakat seperti akademisi/peneliti dan pendaki yang telah  menikmati penampakan R. meijerii yang sedang mekar bahkan tidak semua anggota masyarakat di sekitar TNBG yang mengetahui keberadaan spesies langka ini.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengamati dan memantau pertumbuhan Rafflesia di demplot yang telah dibuat. Sedangkan tujuan dari pengamatan demplot Rafflesia ini adalah agar supaya kelestarian dari Rafflesia di Taman Nasional Batang Gadis tetap terjaga dengan cara memantau dan mengamati serta mencatat setiap pertumbuhan dan perkembangannya di demplot yang telah dibuat. Kegiatan Pengamatan Demplot Rafflesia ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 4 -5 September 2019 bertempat di Resort 5 (Rest Area) Desa Sopotinjak Kecamatan Batang Natal Seksi PTN Wilayah III Muara Soma

Rafflesia meijerii merupakan salah satu spesies Rafflesia berbunga kecil jika dibandingkan dengan kerabatnya yang lain. Tumbuhan ini merupakan holoparasit pada liana dengan jenis Tetrastigma. Pada saat fase mekar penuh diameter bunganya mencapai ± 14 cm, tabung perigone 3,5 – 4 cm, permukaan kelopak bunga bergerinjang kasar dengan warna merah bata, panjang tuba perigone ± 5,5 cm dengan lebar ± 6,5 cm, annulus terdiri dari tonjolan melengkung pipih, tinggi bunga ± 9 cm dari dasar, permukaan atas dan bawah tanpa ramenta di dekat ruang diafragma, panjang seta 0,5 – 2,5 cm didekat perigone ± 8 mm.

Berdasarkan literatur yang ada, Rafflesia meijerii tidak memiliki procesii pada permukaan discussnya. Namun pada demplot pengamatan ini semua bunga yang mekar memiliki procesii sehingga temuan ini menarik untuk dikaji nantinya.

Demplot Rafflesia tempat dilakukan pengamatan tersebut merupakan kawasan TNBG tepat di belakang resort 5 /Rest Area Sopotinjak yang memiliki vegetasi tumbuhan alami yang masih baik mulai dari pohon besar hingga tumbuhan bawah. Famili Fagaceae dan Myrtaceae serta Lauraceae mendominasi komposisi pohon dan pancang. Sedangkan famili Selaginellaceae dan Araliaceae mendominasi tumbuhan bawah dan semai. Kondisi lantai hutan juga dipenuhi serasah dengan kelembaban yang tinggi dan curah hujan di daerah ini juga lumayan tinggi. Dari pengamatan Ditemukan 26 individu (bonggol dan bunga) Rafflesia di demplot pengamatan, bertambah 3 individu baru dari pengamatan sebelumnya yang berjumlah 23 individu. Seluruh bunga yang mekar dan pernah mekar di demplot pengamatan ini memiliki procesii yang tumbuh di permukaan discuss.

Sumber: Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini