Sinergitas TN Gunung Gede Pangrango dan TNI Dalam Melestarikan Hutan

Bogor, 16 November 2019 - Gunung Pangrango berdiri gagah di pelataran kawasan Puncak yang menjadi wilayah hijau dan penyimpan air bagi kota-kota di sekitarnya. Kondisi tutupan hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) cukup baik dalam menjaga fungsinya sebagai penyimpan air, meski ada beberapa titik yang harus lebih ditingkatkan lagi tutupannya.

TNGGP yang berbatasan dengan Desa Kuta di Blok Hutan Babakan, salah satu wilayah yang perlu lebih diperhatikan karena lokasi ini seringkali dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat sekitarnya. Meski petugas selalu mengingatkan, namun sepertinya masyarakat kesulitan dalam mengelola sampah rumah tangganya, sehingga seringkali “kucing-kucingan” dengan petugas saat akan membuang sampah di lokasi tersebut.

Melihat kondisi tersebut, Direktorat Peralatan dari TNI AD merasa terpanggil untuk berkontribusi dalam penanganan masalah sampah dan penghijauan di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dalam rangka peringatan Hari Pahlawan, sejumlah prajurit dari Detasemen Peralatan III/I Bogor dan petugas TNGGP bersama masyarakat Desa Kuta melakukan pembersihan sampah di blok hutan Babakan, kemudian dilanjutkan dengan menanam pohon sebanyak 200 bibit tanaman lokal/ endemik untuk meningkatkan serapan air di lokasi tersebut. Selain itu, Direktorat Peralatan AD juga mendukung kegiatan pengamanan hutan dengan memasang pintu portal di batas kawasan TNGGP Blok Cirembes sebagai upaya penertiban kegiatan ilegal, seperti motorcross.

Direktur Peralatan TNI AD, Brigjen Subagyo, S.E., M.M. menyampaikan pentingnya melestarikan alam dan melindungi pohon untuk mencegah terjadinya banjir di daerah hilir, serta sebagai penyimpan air. Sementara, dari pihak BBTNGGP yang diwakili oleh Kepala Seksi PTN Wilayah Vi Tapos, Bambang Mulyawan, S.H., M.H. menyampaikan apresiasi atas kontribusi dan partisipasi Korps Peralatan TNI AD yang telah turut serta mendukung kegiatan pelestarian alam dan pengamanan hutan dengan melakukan penanaman pohon dan pemasangan pintu potral di batas kawasan TNGGP.

Akhir dari rangkaian peringatan Hari Pahlawan, 16 November 2019 Korps Peralatan menyelenggarakan kegiatan bakti sosial berupa pemberian santunan untuk duafa di wilayah Kp. Pakancilan, Desa Kuta yang merupkan desa penyangga kawasan TNGGP. Melalui kegiatan ini, penyelenggara beritikad untuk berbagi dengan harapan timbul adanya rasa kebersamaan serta kepedulian terhadap sesama manusia dan terhadap alam lingkungannya.


Sumber: Ayi Rustiadi (PEH Pertama) - Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini