15 Ekor Kakatua Jambul Kuning Diamankan di Bandara Mopah, Merauke

Merauke, 8 November 2019. Petugas Polisi Kehutanan Bidang KSDA Wilayah I Merauke, Balai Besar KSDA Papua, bersama Custom Imigration Quarantine (CIQ) dan petugas Aviation Security (AVSEC) Bandara Mopah, Merauke, kembali menggagalkan pengiriman satwa liar dilindungi. Kronologi kejadian bermula di gudang cargo Bandara Mopah, Jumat (8/9) sekitar pukul 08.00 WIT.

Petugas AVSEC Bandara Mopah menemukan sebuah karton hitam yang mencurigakan, kemudian bersama-sama Petugas Polisi Kehutanan dan Petugas Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke memeriksa karton tersebut. Ternyata di dalamnya berisi 15 ekor burung kakatua jambul kuning (Cacatua galerita). Para petugas kemudian mengamankan seorang pegawai jasa cargo, dan membawa 15 ekor kakatua jambul kuning ke Pos Karantina Pertanian di Bandara Mopah untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Selanjutnya Polisi Kehutanan Bidang KSDA Wilayah I Merauke menyerahkan pegawai jasa cargo beserta barang bukti kepada Penyidik Gakkum Seksi Wilayah III Balai Gakkum Maluku Papua, untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

Berkaitan dengan hal ini, Kepala Bidang KSDA Wilayah I Merauke, Irwan Efendi, S. Pi., M. Sc. memberikan apresiasi kepada para pihak, khususnya CIQ Bandara Mopah, yang telah membantu menggagalkan pengiriman satwa liar dilindungi. Irwan mengatakan, “Semoga sinergitas yang sudah terbangun selama ini bisa terus berjalan, dan bisa lebih baik lagi demi menjaga kelestarian satwa-satwa liar dari praktik ilegal.”

Sementara Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S. Hut., M. Si. menyatakan sedih saat menerima laporan tersebut. “Sebulan lalu kita sudah menangkap pelaku ilegal satwa liar dilindungi di Merauke, ternyata belum memberikan efek jera. Oleh sebab itu, pelaku yang ditangkap harus diproses hukum agar ada efek jera. Kami berharap, masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi untuk tidak menangkap dan memperniagakan satwa liar dilindungi tanpa izin,” ungkap Edward.  

Sumber            : BBKSDA Papua

Call Center      : 0823-9802-9978        

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini