Mengenalkan Satwa Sejak Dini Kepada Anak-anak di Stasiun Flora Fauna Bunder

Rabu, 23 Oktober 2019

Yogyakarta, 23 Oktober 2019 - Stasiun Flora Fauna (SFF) Bunder merupakan salah satu lokasi pengembangan indukan (stock center) rusa dan pusat penyelamatan satwa yang berada di sebagian lahan di kawasan Tahura Bunder. Selaku pengelola SFF Bunder, Balai KSDA Yogyakarta juga menggunakannya sebagai media pembelajaran dan edukasi satwa kepada masyarakat.

Setelah beberapa waktu yang lalu SFF Bunder menerima kunjungan Siswa SMP dan Santri Pendidikan Santri Adz-Dzikro (PESAD), Kali ini SFF Bunder menerima kunjungan 60 orang siswa dan guru TK & Play Group Kreatif Primagama Cabang Bantul Hari Selasa (22/10/19). Kunjungan Siswa TK dan Play Group Primagama ini disambut hangat para petugas SFF Bunder.

 

Disamping pemberian informasi mengenai profil singkat SFF Bunder, para siswa diberikan tambahan pengetahuan terkait Pengenalan Jenis Flora dan Fauna yang ada di SFF Bunder; Pengetahuan tentang satwa dilindungi; Edukasi tentang Rusa Timor, Raptor, MEP, Paruh Bengkok, dan Mammal; pengenalan dan cara menggunakan binokuler serta melukis dengan menggunakan daun. Mempertimbangkan saat ini SFF Bunder sedang dilakukan renovasi pada kandang paruh bengkok, sehingga kegiatan pengenalan burung paruh bengkok di lakukan di Wanagama Paksi yang masih berada di dekat kawasan SFF Bunder tersebut.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi merespon kunjungan siswa dan guru TK dan Playgroup Kreatif Primagama ini. “SFF Bunder sebagai stock center rusa dan pusat penyelamatan satwa liar juga memiliki potensi sebagai tempat edukasi dan informasi. Anak-anak yang berkunjung hari ini adalah anak-anak yang sedang berada dalam periode emas pertumbuhannya, dimana mereka memiliki daya ingat yang kuat dan mampu menyerap informasi dengan baik. Semoga kunjungan anak-anak di SFF Bunder ini dapat menjadi salah satu modal pembentukan karakter untuk cinta satwa dan peduli lingkungan di masa mendatang” tutur M. Wahyudi.

 

Sumber : Harits Surakhman - Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini