BBTNKS Gelar Sosialisasi, Penyuluhan dan Penyadartahuan Bidang Kehutanan

Rejang Lebong, 19 September 2019. Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) melalui Bidang Pengelolaan Taman Nasinal Wilayah II gelar  di Beta Agrowisata Desa Karang Jaya Kec. Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Inilah bentuk aktualisasi program Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, khususnya menjadikan masyarakat sekitar kawasan hutan TNKS sebagai subyek pengelolaan. Masyarakat sekitar kawasan TNKS serta kelompok masyarakat pengusul Izin Pemanfaatan Air dari Kawasan TNKS dan Pemerintah Desa Karang Jaya turut hadir menjadi bagian kegiatan. Masyarakat Desa Karang Jaya yang telah mendapatkan Izin Pemanfaatan Air (IPA) langsung merasakan manfaat dan fungsi hutan TNKS dan harapannya dapat menjadi pendukung/mitra TNKS dalam menjaga kelestarian kawasan TNKS. Pemerintah Desa juga sepakat berkomitmen membantu BBTNKS dalam upaya perlindungan dan pengamanan serta pemulihan ekosistem kawasan TNKS guna mewujudkan pengelolaan dan pemanfaatan kawasan TNKS yang lestari dan taat terhadap aturan perundang – undangan.

Perwujudan komitmen ini dimulai dengan melakukan upaya pendataan secara komprehensif dan terpadu antara Pemerintah Desa Karang Jaya dan BBTNKS terhadap masyarakat yang selama ini berakses di kawasan TNKS, selanjutnya akan dirumuskan bentuk Kemitraan konservasi untuk mewujudkan pengelolaan kawasan TNKS yang menghasilkan hutan lestari masyarakat sejahtera. Program kemitraan konservasi akan diwujudkan melalui pemberdayaan masyarakat berupa perlindungan pengamanan hutan kolaboratif dan pemulihan ekosistem kawasan TNKS.

Kegiatan ini juga didukung oleh pihak Kepolisian setempat sesuai dengan dialog Kepala Polsek Curup Kota bahwa dalam upaya pengelolaan kawasan hutan terdapat aturan – aturan berlaku yang perlu menjadi perhatian bersama agar upaya pemanfaatan yang dilakukan masyarakat dapat memberikan hasil kesejahteraan masyararakat dan kelestarian kawasan hutan yang terjaga. Selesai acara dialog dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon bersama di lokasi acara yang dilakukan oleh Kepala Polsek Curup Kota, Kepala Resort TNKS Rejang Lebong, Kepala Desa Karang Jaya dan Perwakilan Masyarakat Desa Karang Jaya.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat
- Zainuddin, Kabid Wilayah III BBTNKS
- Humas Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini