Pemadaman Karhutla di Cagar Alam Pamukan

Pamukan, Senin 09 September 2019 – Musim kemarau yang panjang terjadi di tahun 2019 mulai mempengaruhi lingkungan, salah satunya adalah kejadian Karhutla yang terjadi di kawasan Konservasi Cagar Alam Teluk Pamukan.

Kali ini kebakaran terjadi di wilayah Desa Mulyodadi Kecamatan Pamukan Selatan, Pada tanggal 08 September 2019 sekitar pukul 20.00 WITA anggota Koramil Pamukan Selatan secara tidak sengaja menjumpai lokasi karhutla. Karena tidak ada peralatan pemadam yang memadai angggota koramil memutuskan untuk memadamkan besok pagi.

Anggota resort Teluk Pamukan menerima info tanggal 09 September 2019 telah terjadi kebakaran, anggota resort Rellis dan Supriyadi langsung pergi ke lokasi kebakaran bersama 3 orang anggota Koramil Pamukan Selatan  Bapak Wahono, Bapak Rusdin dan Bapak Rifai beserta 11 orang warga desa anggota MMP yang ikut membantu dalam memadamkan api.

sekitar pukul 11.00 WITA api sudah dapat dikendalikan dan dipadamkan, lahan yang terbakar mayoritas vegetasinya berupa ilalang dan areal yang terbakar seluas 8 ha. untuk menghindari kebakaran lanjutan, maka anggota resort pamukan masih berpatroli disekitar areal terbakar.

2

Kepala Seksi Konservasi Wilayah 3 Nikmat Hakim Pasaribu, S.P, M.Sc memberi arahan kepada masing-masing resort agar berpatroli pada daerah-daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan.

Sumber: Maulinda, S.Hut (Staff SKW III Batulicin)

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini