Aksi Bersih Ruas Jalan Nasional “Sanggi-Bengkunat” Rangkaian Peringatan HKAN Dan HUT RI Ke 74

Kotaagung, 13 Agustus 2019 - Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) bersama Mitra Kerja Strategis yang terdiri dari RPU YABI, WCS-IP, WWF, dan PT. Adhiniaga Kreasi Nusa, melaksanakan rangkaian peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2019 dan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 74 berupa aksi bersih ruas jalan Sanggi-Bengkunat, Selasa 13 Agustus 2019. Ruas Jalan Sanggi-Bengkunat merupakan Jalan Nasional yang berada di kawasan TNBBS, membentang sepanjang 11,5 Km di  wilayah SPTN II Bengkunat BPTN I Semaka.

“Ruas jalan Sanggi-Bengkunat yang berada di kawasan TNBBS merupakan bagian dari ruas jalan penghubung antara Provinsi Lampung dengan Provinsi Bengkulu. Status jalan ini merupakan jalan nasional dengan Kementerian PUPR sebagai pengelolanya bersama Balai Besar TNBBS, yang dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS). Sebagai jalan penghubung Provinsi Lampung dengan Bengkulu, tentunya intensitas lalu lintas di ruas jalan ini dapat dikatakan tinggi. Masyarakat pengguna jalan diharapkan tidak melakukan aktivitas illegal saat melintasi jalan. Sejauh pengamatan kami di lapangan, kesadaran pengguna jalan dalam menjaga kebersihan ruas jalan ini masih tergolong rendah, dimana masih dijumpai sampah pada beberapa titik di kanan kiri ruas jalan ini. Kegiatan aksi bersih ini merupakan kampanye Balai Besar TNBBS bersama Mitra Strategis untuk meningkatkan kepedulian kita menjaga kebersihan lingkungan, setidaknya dengan tidak membuang sampah saat melintasi jalan ini.” papar Kepala Bidang Teknis Konservasi selaku Plh. Kepala Balai Besar TNBBS Ismanto, S.Hut.,M.P.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBBS Heru Rudiharto, S.Si.,M.P. menyampaikan bahwa aksi bersih ruas jalan Sanggi-Bengkunat telah menjadi agenda tahunan Balai Besar TNBBS bersama Mitra Kerja. “kedepan kita ingin agar aksi bersih ini tidak hanya menjadi seremonial tahunan. Kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan perlu edukasi yang dilakukan oleh semua pihak secara terus menerus”, tambah Heru.

Ketua pelaksana kegiatan aksi bersih ruas jalan Sanggi-Bengkunat Kepala Sub Bagian Program dan Kerjasama Balai Besar TNBBS Dedi Irvansyah, S.P menyampaikan bahwa aksi ini melibatkan 152  orang (RPU YABI; WCS-IP; WWF; Saka Wanabakti TNBBS; PILI; PT. Adhiniaga Kreasi Nusa; Bank Rakyat Indonesia; UNDP; Tiger Project) dan berhasil mengumpulkan sampah dari ruas jalan Sanggi-Bengkunat seberat ± 568,8 Kg. Sampah yang telah dikumpulkan, kemudian diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang ada di Kotaagung. Selain ruas jalan Sanggi-Bengkunat, Balai Besar TNBBS juga bersama mitra strategis melaksanakan aksi bersih sampah pada ruas jalan Liwa-Krui di wilayah SPTN III Krui BPTN II Liwa.

Aksi bersih lingkungan pada ruas jalan Sanggi-Bengkunat dan ruas jalan Liwa-Krui merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HKAN tahun 2019 dan HUT RI ke 74 yang diselenggarakan oleh Balai Besar TNBBS bersama Mitra Strategis. Direncanakan pada hari Kamis dan Jumat tanggal 15-16 Agustus 2019, akan diadakan perlombaan-perlombaan dalam rangka memperingati HKAN tahun 2019 dan HUT RI ke 74 antara lain :

  • Lomba tarik tambang beregu antara eselon III dan Mitra Strategis;
  • Lomba memindahkan belut; Lomba makan kerupuk;
  • Lomba memasukkan paku ke botol;
  • Lomba gaple putra berpasangan;
  • Lomba bulu tangkis ganda putra;
  • Lomba tenis meja tunggal putra dan putri;
  • Lomba memasak ibu-ibu Dharma Wanita dan Mitra Strategis;
  • Lomba photo kreatif kegiatan patroli.

“Dengan adanya kegiatan perlombaan-perlombaan yang diadakan, diharapkan dapat menambah keakraban dan kekompakan antara pegawai dan Mitra Strategis, serta meningkatkan jiwa korsa lingkup Balai Besar TNBBS, sehingga dapat kerja bersama dalam mengemban tugas melaksanakan program-program kegiatan konservasi di TNBBS, menjaga kelestarian keanekaragaman hayati TNBBS untuk hidup yang lebih baik”, ujar Kepala Sub Bagian Umum Balai Besar TNBBS selaku sekretaris peringatan HKAN dan HUT RI Dani Darmawan, S.H.,M.Sc.

Sumber: Balai Besar TN Bukit Barisan Selatan

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini