Usai Libur Lebaran 2019, BKSDA NTB Amankan 1800 Lebih Satwa Tanpa Dokumen

Lombok Barat, 12 Juni 2019. Balai KSDA Nusa Tenggara Barat (BKSDA NTB) melalui Petugas POS Pelabuhan Lembar Lombok Barat menindaklanjuti informasi dari masyarakat mengenai adanya pengiriman satwa burung melalui pelabuhan Lembar (10/6). Petugas pun bergerak cepat melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan keterangan mengenai kebenaran informasi tersebut. Setelah memeriksa kebenaran informasi, Petugas Pos Pelabuhan Lembar melakukan koordinasi dengan Anggota LANAL Mataram yang juga berjaga di Pelabuhan Lembar.

Sehingga pada Pukul 20.15 WITA, BKSDA NTB bekerjasama dengan LANAL Mataram melakukan pengecekan salah satu truk dengan Nopol DK 9490 SI yang baru tiba di Pelabuhan Lembar. Dari hasil pengecekan bersama Tim, benar didapatkan Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) yang dibawa menggunakan 5 kotak dan 37 keranjang. Dan Sopir tidak bisa menunjukkan Dokumen Pengangkutan yang sah (SATS-DN) dan TSL pun langsung diamankan. Adapun TSL yang diamankan adalah :

1. Burung Kecial 1050 ekor
2. Burung Kelincer 420 ekor
3. Burung Branjangan 315 ekor
4. Burung Daicu 38 ekor
5. Burung Perkutut 35 ekor
TOTAL JUMLAH; 1858 ekor

Truk dan satwa telah diamankan di Kantor BKSDA NTB (10/6), dan untuk satwa sitaan dilakukan pelepasliaran Satwa n di Taman Wisata Alam Kerandangan, Senggigi - Lombok Barat pada Hari Selasa 11 Juni 2019 bersama TNI AL dan Balai GAKKUM

Sumber : Balai KSDA Nusa Tenggara Barat

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini