Meriahnya Rangkaian Hari Bhakti Rimbawan BTN Bukit Tiga Puluh

Rengat, 18 Maret 2019. Hari Bhakti Rimbawan merupakan momen yang sangat sayang dilewatkan untuk diperingati oleh para rimbawan. Tema peringatan Hari Bhakti Rimbawan tahun ini adalah “Hutan Untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat”. Beberapa rangkaian kegiatan telah disiapkan untuk memeriahkan Hari Bhakti Rimbawan ke-36 ini dari tanggal 16 sampai dengan 18 Maret 2019. Tidak hanya sendiri dalam menyemarakkan Hari Bhakti Rimbawan tahun ini, Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) turut menggandeng pihak lain seperti Dharma Wanita Persatuan (DWP) Balai TNBT, Manggala Agni Daops Rengat, mitra kerja Yayasan Penyelamatan dan Konservasi Harimau Sumatera (PKHS) dan Mahasiswa-mahasiswi Kehutanan Universitas Riau.

Sabtu / 16 Maret 2019,  dilaksanakan perlombaan dengan peserta dari berbagai segmen . Lomba segmen anak-anak meliputi lomba mengenal bau bumbu dapur dan bertujuan untuk mengenalkan tumbuhan rempah Indonesia. Lomba dengan segmen perempuan adalah lomba makan kuaci dan tahu pedas dengan peserta Ibu-ibu DWP Balai TNBT dan mahasiswi Kehutanan Universitas Riau. Lomba segmen laki-laki adalah lomba Futsal dengan peserta Manggala Agni Daops Rengat, Yayasan PKHS dan Balai TNBT.

Minggu / 17 Maret 2019, Balai TNBT melaksanakan kegiatan penanaman pohon dan pemeliharaan tanaman secara internal. Jenis yang ditanam adalah Ketapang, Beringin (focus sp) dan Cemara. Kegiatan pemeliharaan pohon jenis Sirsak sebanyak kurang lebih 500 batang dilakukan di Obyek Wisata Danau Meduyan dan Makam Raja Kota Lama. Pemeliharaan melalui pemupukan dan pembersihan gulma terhadap tanaman Sirsak yang telah ditanam pada tgl 28 November 2018 (perawatan tahun ke-2). Kegiatan ini dilaksanakan bersama BTNBT, Manggala Agni Daops Rengat, Yayasan PKHS, Mahasiswa/i Univ. Riau dan masyarakat sekitar Danau Menduyan dan Makam Kota Lama. Khusus daerah Riau, kegiatan penanaman pohon ini dilakukan secara serentak di Taman Wisata Alam Buluh Cina pada Senin, 18 Maret 2019 dikoordinir oleh Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera Pekanbaru.

Senin / 18 Maret 2019, dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Bhakti Rimbawan dan penyerahan bantuan sosial berupa pakaian layak pakai dan alat tulis dari DWP BTNBT untuk masyarakat tradisional suku Talang Mamak, dilanjutkan lomba masak nasi goreng dengan peserta semua pegawai laki-laki Balai TNBT. Berikut dilaksanakan aksi sosial donor darah bekerja sama dengan PMI Rengat, jumlah kantong darah (pendonor) sebanyak 20 kantong  dari 26 orang.

Semoga melalui rangkaian acara tersebut tersebut dapat meningkatkan semangat dan jiwa korsa para rimbawan TNBT serta menguatkan jalinan silaturahmi dengan keluarga besar, mitra dan masyarakat, serta dapat mewujudkan kesejahteraan rakyat dan lingkungan sehat sesuai dengan tema Peringatan Hari Bhakti Rimbawan tahun ini.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Penanggung Jawab Berita :

Koordinator Bagian Data, Evlap dan Humas

Astri Meirani Mulyono Putri  -  0812-2968-597

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini