Bersinergi Menyusun RKT Kelompok Binaan Balai TN MerBeti

Kamis, 21 Maret 2019

Kalibaru, 21 Maret 2019. Kelompok SPKP Multi Kreasi Sejahtera di Desa Kebonrejo, Kec. Kalibaru merupakan salah satu kelompok binaan Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti). Tim Pendampingan masyarakat yang terdiri dari penyuluh kehutanan, staf Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Kalibaru, Kepala Resort Malangsari dan anggotanya pada Kamis, 21 Maret 2019 mengadakan Forum Grup Discussion (FGD) guna penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Kelompok SPKP Multi Kreasi Sejahtera.

Bertempat di Balai Desa Kebonrejo, acara ini dihadiri juga oleh Kepala Desa Kebonrejo, Sekdes, Sekcam Kec. Kalibaru, Babinsa Koramil Kalibaru. Hasilnya tersusun dokumen RKT SPKP Multi kreasi Sejahtera dengan skala prioritas peningkatan kapasitas managemen kelompok, peningkatan ketrampilan usaha produktif seperti budidaya jamur tiram, pengolahan kopi, dan budidaya ikan air tawar.

Untuk mensukseskan pelaksanaan RKT, masyarakat bersama TN MerBeti didukung penuh oleh Pemerintah Desa Kebonrejo dan Kec. Kalibaru.

Arif Rahman, SH selaku Kepala Desa Kebonrejo berjanji akan menganggarkan sebagian dari anggaran desa untuk mendukung out put RKT. Pihak Kecamatan Kalibaru akan menghubungkan kelompok dengan pihak ke-3 yang memiliki dana CSR untuk membantu mewujudkan program kegiatan hasil RKT.

“Sering-sering bertemu masyarakat untuk menghimpun aspirasi/ keinginan yang dapat kita support.” pesan Maman Surahman, S.Hut, M.Si, Kepala Balai TN MerBeti. Duduk bersama masyarakat dalam menyelesaikan persoalan seperti ini adalah melaksanakan salah satu dari 10 cara baru kelola KK, lanjutnya.

Sumber:  Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini