Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019 pada BBKSDA NTT

Kupang, 22 Februari 2019. Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada tanggal 21 Februari, Balai Besar KSDA NTT melaksanakan beberapa kegiatan aksi bersih sampah. Kegiatan tersebut berlokasi baik di Pulau Flores maupun Pulau Timor. Sasaran lokasinya adalah taman wisata alam (darat dan laut).

RKW TWAL Tujuh Belas Pulau, CA Riung, dan CA Wolo Tadho telah melakukan bersih pantai di kawasan TWAL Tujuh Belas Pulau pada tanggal 19 Februari 2019 dengan melibatkan siswa sekolah. Aksi ini dimaksudkan untuk memperingati HPSN 2019 sekaligus memperkenalkan generasi muda pada konservasi TWAL Tujuh Belas Pulau.

Tidak ketinggalan, pada tanggal 21 Februari 2019 SKW IV Maumere juga berpartisipasi dalam HPSN 2019 melalui pembersihan sampah di salah satu desa penyangga TWAL Teluk Maumere, yakni di pesisir pantai Wairterang. Sampah yang berhasil dikumpulkan adalah sebanyak 9 (sembilan) karung..

Pada hari Jumat, tanggal 22 Februari 2019 dimulai pukul 07.30 WITA, Balai Besar KSDA NTT bersama UPT Kementerian LHK di Kupang : Balai Penelitian dan Pengembangan LHK Kupang, Balai Pendidikan dan Pelatihan LHK Kupang, Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XIV Kupang, Balai Pengelolaan DASHL Benain Noelmina, serta Lurah setempat melakukan aksi bersih-bersih sampah di pesisir pantai Ketapang Satu yang berbatasan langsung dengan TWAL Teluk Kupang. Jumlah petugas yang terlibat 75 orang. Perkiraan Sampah yang berhasil dikumpulkan adalah 200 kg sampah plastik, 400 kg sampah kayu dan sampah lain-lain 100 kg. Sampah-sampah ini selanjutnya dikumpulkan dan dibuang ke TPS.

Menyusul pada hari Minggu, tanggal 24 Februari 2019 Balai Besar KSDA NTT akan mengajak Pramuka Saka Wanabakti untuk melakukan bakti lingkungan berupa pemungutan sampah anorganik di TWA Camplong, Kabupaten Kupang.

Keseluruhan acara untuk memperingati HPSN 2019 lingkup Balai Besar KSDA NTT diadakan pada taman wisata alam tersebut sejalan dengan upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, menyampaikan pesan kepada masyarakat umum agar peduli terhadap kebersihan dan keindahan alam, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengendalian sampah anorganik.

Harapan dari adanya kegiatan ini adalah dapat meningkatkan kepedulian semua rimbawan dan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Mari Kita Kendalikan Sampah. Mari kita wujudkan Indonesia Bersih. Mari kita kelola sampah untuk hidup bersih, sehat, dan bernilai.

  

Sumber : Balai Besar KSDA Nusa Tenggara Timur

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini