Sikep Madu Asia Catatan Pertama Raptor Migran di TN Bromo Tengger Semeru

Jabung, 12 Februari 2019. Sikep Madu Asia (Pernis ptilorhynchus) sebagai raptor migran tercatat pada site pengamatan Elang Jawa di Resort PTN Jabung, Kec. Jabung, Kab. Malang dengan aktivitas soaring yang cukup lama. Perjumpaan ini merupakan yang pertama kali di kawasan TN Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Mahmudin salah satu petugas TNBTS menjelaskan “raptor jenis ini berasal dari Siberia, tetapi ketika memasuki musim dingin akan bermigrasi ke selatan, Indonesia tercatat sebagai Negara terakhir yang menjadi persinggahan kemudian pada musim panas akan kembali ke Siberia untuk berbiak.”

Jika dilihat dari gaya terbangnya memang ciri – ciri burung sikep madu asia ini lebih dekat dengan layang-layang. Jenis burung pemangsa ini memiliki bagian leher yang panjang dengan kepala kecil (menyerupai merpati), serta rentang sayapnya datar. Jika diamati dari segi penampilannya, sikep madu tidak tampak seperti halnya binatang pemburu lainnya. Sikep madu asia ini memiliki ekor yang panjang dan puncak kepala pendek. Sumber pakan khususnya dari larva dan sarang tawon, selain itu, jenis burung karnivora ini juga akan memakan mangsa serangga kecil lainnya seperti jangkrik, belalang, dan lain-lain. (Red)

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
          Foto : @mahmudin tnbts

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini