Dialog Perempuan dan Kearifan Lokal Dalam Mitgasi Bencana

Palu, 10 Desember 2018. Bertempat di Kantor Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu diselenggarakan acara diskusi publik bertemakan Dialog Perempuan dan Kearifan Lokal Dalam Mitigasi Bencana (8/12). Dialog ini merupakan rangkaian dari peringatan 70 tahun Hari Hak Asasi Manusia yang didukung oleh UNFA, Kelompok Perjuangan Kesejahteraan Perempuan Sulawesi Tengah (KPKPST Libu Perempuan), Perempuan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Perempuan AMAN), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) dan Ekspedisi Palu Koro. Dalam dialog ini mengangkat aspek saintifik dan non saintifik, peran perempuan dan kekayaan budaya dalam mitigasi bencana.

Dalam sambutan pada pembukaan acara dialog ini, Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, Ir. Jusman mengatakan menyambut gembira dialog ini sebagai bagian dari upaya edukasi peningkatan pengetahuan dan kapasitas masyarakat dalam upaya mitigasi dan adaptasi bencana termasuk gempa bumi, tsunami dan liquifaksi.

Dialog ini menampilkan 3 orang pembicara dari BNPB (Aminingrum, MA), Tokoh Perempuan Adat (Rukmini P. Toheke) dan Pemerhati Kegempaan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia /LIPI (Mohamad Isnaeni Muhidin) dan diikuti peserta dari komunitas masyarakat adat yang ada di Sulawesi Tengah.

Dalam dialog ini Aminingrum menjelaskan bagaimana pengetahuan mitigasi bencana bagi perempuan yang umumnya rentan dikarenakan pengetahuan dan kapasitasnya yang terbatas. Sedangkan Mohamad Isnaeni Muhidin sebagai pemerhati kegempaan dalam dialog ini mengingatkan pentingnya dalam kontek kebumian dan kebudayaan. Selanjutnya yang tak kalah penting Rukmini memaparkan betapa pentingnya pemahaman kearifan lokal yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat terkait dengan mitigasi bencana.

Dialog ini pun berjalan dengan lancar hingga akhir dan peserta yang hadir mendapatkan pengetahuan akan peran-peran perempuan dan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat adat yang bermanfaat dalam upaya mitigasi bencana.

 Sumber : Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini