Berkeliaran di Rumah Warga, BBKSDA Sumut Evakuasi Kukang Sumatera

Medan, 7 Desember 2018. Berawal dari warga masyarakat kota Binjai yang melihat satu individu Kukang sedang berkeliaran di halaman rumahnya, dan akhirnya Kukang berhasil diamankan. Warga tersebut mengetahui bahwa Kukang merupakan satwa yang dilindungi, sehingga ada keinginan untuk menyerahkan satwa dimaksud kepada instansi yang berwenang.

Si warga kemudian mendatangi kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai sembari menitipkan Kukang tersebut. Sebelumnya warga yang peduli dengan nasib kukang ini juga telah menghubungi call center Quick Response Balai Besar KSDA Sumatera Utara di 085376699066 guna mengabarkan temuannya tersebut.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai, melalui Sekretarisnya Hj. Suriani, S.Sos., setelah menerima penyerahan kukang, segera menghubungi call center Quick Response Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Mendapat informasi, team rescue Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Edina Emininta Ginting, S.Hut. dan M. Ali Iqbal Nasution, meluncur ke kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai dan melakukan tindakan administrasi berupa Berita Acara Penyerahan.

Kukang Sumatera (Nycticebous coucang) yang berumur  sekitar 1 tahun, kondisinya dalam keadaan baik dan sehat serta masih memiliki sifat liar, oleh team Rescue Balai Besar KSDA Sumatera Utara  dievakuasi ke tempat penerimaan Kukang Sumatera  Yayasan Peduli Kelestarian Satwa Indonesia (YPKSI),  guna mendapat perawatan serta rehabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan (release) ke habitatnya.

Informasi yang disampaikan masyarakat melalui call center Quick Response Balai Besar KSDA Sumatera Utara  merupakan yang kesekian kalinya. Apresiasi dan ucapan terima kasih layak diberikan kepada warga masyarakat dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai yang peduli dengan nasib satwa liar, sehingga proses evakuasi Kukang dapat berjalan dengan baik. Kedepannya diharapkan partisipasi dan dukungan dari warga masyarakat dan  berbagai pihak lainnya untuk menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan kawasan konservasi serta yang berkaitan juga dengan  tumbuhan dan satwa liar.

Sumber : M. Ali Iqbal Nasution - Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini