Mesin Pengupas Biji Kopi dan Penggiling Jagung Untuk Desa Pilimakujawa, Sigi

 

Sigi, 7 Desember 2018. Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Saluki (Sakrianto Djawie) dan Kepala Bidang Teknis Konservasi (Dedy Asriady) serahkan bantuan pemberdayaan masyarakat di Desa Pilimakujawa, Kecamatan Kulawi Selatan Kabupaten Sigi yang berada di Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Gimpu (6/12) berupa 1 (satu) unit  mesin pengupas biji kopi kering dan 1 (satu) unit mesin penggiling jagung. Pemberian bantuan ini adalah aksi nyata komitmen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Ditjen KSDAE) dan BBTNLL dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat dan mempertegas posisi masyarakat sebagai subjek pengelolaan Taman Nasional Lore Lindu.

Sakrianto menegaskan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen BBTNLL dalam mewujudkan masyarakat sejahtera TNLL lestari serta memberikan manfaat berkelanjutan untuk peningkatkan ekonomi masyarakat Desa Pilimakujawa dan bersama-sama seirama dalam menjaga kelestarian TNLL sehingga berfungsi optimal sebagai penyangga kehidupan. “ Bantuan ini diyakini bermanfaat karena prosesnya button up karena itu harus dipelihara dengan baik dan pengoperasiannya diatur sehingga bermanfaat optimal untuk kesejahteraan masyarakat Pilimakujawa. Dalam pengembangannya agar bersinergi dengan pihak lain baik Pemerintah Daerah maupun Kementerian terkait agar lebih berdaya dan berhasil guna” ujar Dedy menambahkan dalam kesempatan tersebut.

Selanjutnya, Kepala Desa Pilimakujawa (Ferik M) mengungkapkan bahwa bantuan pemberdayaan masyarakat dari BBTNLL kepada masyarakat Desa Pilimakujawa mempertegas BBTNLL serius dan berkomitmen kuat dalam pembangunan ekonomi masyarakat untuk mendukung kelestarian TNLL. “ Komitmen kami dalam hal menjaga keutuhan kawasan TNLL sebagai penyangga kehidupan, tidak akan berubah bahkan akan ditingkatkan “ ujar Felik menambahkan.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini