Tingkatkan Sinergitas Para Pihak BBTNGL Hadiri Rapat Koordinasi Pembangunan Kehutanan Kab. Aceh Selatan

Kamis, 06 Desember 2018

Medan, 6 Desember 2018. Dalam rangka meningkatkan sinergitas dan kerjasama antar instansi dan lembaga dalam mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat peduli hutan serta perlindungan dan pelestarian hutan Aceh Selatan dan Ekosistem di dalamnya, Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono, ST menginisiasi pertemuan para pihak melalui Rapat Koordinasi (Rakor) yang diselenggarakan di Gedung serbaguna Polres Aceh Selatan(5/12). Hadir dalam Rakor tersebut antara lain Bupati Aceh Selatan yang diwakili oleh Sekda, Perwakilan KODIM 0107 Aceh Selatan, Asisten I Bupati, Perwakilan Bappeda, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Pertanian, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Pariwisata, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perwakilan BPBD, BKSDA Aceh, KPH Wilayah VI Subulussalam, National Project Manager BCCPGLE KFW, USIAD Lestari, WCS-IP, FKL, YOSL-OIC, YEL-SOCP, Akademi Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara, dan Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah I Tapaktuan.

Dalam Rakor tersebut setiap lembaga/instansi memaparkan kinerja yang telah dilakukan selama ini terkait pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan. Konsep Pengelolaan Hutan secara lestari dan berkelanjutan melalui skema perhutanan sosial menjadi bahan diskusi yang paling menarik dibahas dalam Rakor tersebut. Sebagian besar peserta Rakor sepakat bahwa masyarakat terutama yang hidup dan tinggal di sekitar hutan seyogyanya dapat mengakses dan mengelola hutan secara legal melalui mekanisme perhutanan sosial baik itu dalam bentuk Hutan Desa (HD), Hutan Kemasyarakatan (HKm), ataupun Kemitraan Kehutanan.

Dengan adanya akses legal dalam mengelola hutan, maka tidak akan ada lagi istilah masyarakat sekitar hutan melakukan perambahan ataupun pembalakan liar (illegal logging) karena merekalah yang menjadi aktor utama dalam mengelola dan menjaga kelestarian hutan untuk dapat dimanfaatkan dan dikelola secara lestari dan berkelanjutan. Pada akhirnya terjadi peningkatan ekonomi masyarakat yang hidup dan tinggal di sekitar hutan. Sehingga kalimat Hutan Lestari Masyarakat Sejahtera tidak lagi menjadi slogan semata.

Pada akhir kegiatan, sebagian besar peserta Rakor sepakat bahwa instansi baik pusat maupun daerah serta lembaga/NGO harus bekerja bersama-sama dalam membangun sinergitas dalam mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan serta perlindungan, pemanfaatan dan pelestarian hutan Aceh Selatan dan Ekosistemnya secara lestari dan berkelanjutan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPTN Wilayah I Tapaktuan, Buana Darmansyah, S.Hut.T sangat berterima kasih kepada Kapolres Aceh Selatan yang telah menginisisasi acara ini. Beliau berharap di masa yang akan datang semua pihak lingkup Kabupaten Aceh Selatan dapat bersama-sama bekerja demi kelestarian hutan dan lingkungan hidup serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud, pungkasnya. 

         


Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser
Teks : Arif Saifudin, S.Si (PEH-BBTNGL)
Foto : Ulul Azmi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini