BKSDA Sulteng Ajak Masyarakat Pelatihan Produk Kerajinan dari Batok Kelapa

Kaluku Tinggu, 18 November 2018. Upaya pengembangan wisata berbasis masyarakat yang merupakan tujuan dari Role Model, Balai KSDA Sulawesi Tengah melakukan peningkatan kapasitas kelompok dengan melakukan pelatihan produk kerajinan/souvenir dari batok kelapa selama 3 hari (16 – 18 November 2018) di Balai Desa Kaluku Tinggu. Adapun rangkaian kegiatan selama 3 hari diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Kepala Balai KSDA Sulawesi Tengah, Ir. Noel Layuk Allo, MM. Kepala Balai berharap agar anggota kelompok benar-benar menyerap semua materi yang diberikan selama pelatihan dan segera menerapkannya agar bisa meningkatkan pendapatan masyarakat desa. 

Materi-materi yang diberikan berupa pengenalan jenis produk, pengenalan alat, pemilihan bahan baku yang baik sampai kepada strategi pemasarannya. Pada hari kedua dan ketiga dilakukan praktek langsung pembuatan souvenir dari batok kelapa yang diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang anggota kelompok. Tim pengajar berasal dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah dan dari Kaluku Carft.

Peserta yang hadir sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut, dilihat dari antusiasme anggota kelompok dalam mempelajari dan mempraktekkan langsung pembuatan kerajinan dari batok kelapa ini. Alhasil, setiap peserta menghasilkan suatu kerajinan yang berbeda dengan peserta yang lain sesuai dengan hasil kreasi masing-masing. Ada yang membuat gelang, gelas, mangkok, tas, vas bunga kecil dan lain-lain. Selanjutnya Balai KSDA Sulawesi Tengah secara rutin akan melakukan pendampingan kepada kelompok tersebut guna memantau perkembangan dari hasil pelatihan yang telah dilaksanakan.

Sumber : Amelia - Balai KSDA Sulawesi Tengah

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini