BKSDA Jambi Terus Pantau Gajah L

Sarolangun, 3 November 2018. Tim BKSDA Jambi bersama mitra melakukan monitoring Gajah L di Lansekap PT. REKI Pos RKT 2004. 2 orang ditugaskan dari BKSDA Jambi untuk melakukan kegiatan monitoring tersebut yaitu Polhut SKW I BKSDA Jambi Sdr. Ikawa dan Fungsional Umum SKW I BKSDA Jambi Sdr. Ridwan. Kegiatan monitoring ini dilakukan selama 6 hari dari tanggal 2-7 November 2018. Kegiatan monitoring dilakukan untuk memantau situasi dan pergerakan Gajah L yang beberapa waktu lalu ditranslokasikan di kawasan Hutan Harapan PT. REKI.

Pada tanggal 3 November pukul 02.27 WIB Gajah L berada di luar kawasan PT. REKi ke arah PT. BPP namun pada siang hari nya pada pukul 14.22 WIB Gajah  L terpantau berada di afdeling 9 PT. ALN. Tim memutuskan untuk memeriksa lokasi Gajah L pada tanggal 4 November  di afdeling 7 PT. ALN, setelah dilakukan pemeriksaan tidak ada ditemukan perusakan tanaman karet oleh Gajah L. Pada tanggal 5 November posisi Gajah L berada di Kawasan Konsesi PT. REKI Wil. Bato. Tim kemudian melakukan patroli ke Desa Pemusiran dan Desa Sepintun dan menemukan jejak serta kotoran Gajah dari kelompok Haris dan Jeni yang berjumlah 7 ekor berada di dekat kebun masyarakat.

Tim melakukan sosialisasi terhadap masyarakat yang terkena terdampak kerusakan akibat kelompok Gajah Jeni dan Haris. Ketua RT 09 Sepintun Bpk. Slamet berharap ada bantuan untuk warga nya berupa meriam spritus untuk menghalau dan mengusir Gajah yang masuk ke kebun warga serta radio HT untuk mempermudah pemberitahuan kepada masyarakat desa. Pada tanggal 6-7 November posisi Gajah L terpantau masih berada dalam Kawasan PT. REKI wilayah Jambi.

 

Sumber : Balai KSDA Jambi

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini