Pembukaan Jalur Pendakian Aik Berik dan Aplikasi Booking Online Balai TN Gunung Rinjani

Mataram, 7 November 2018. Sosialisasi pembukaan jalur pendakian Aikberik dan penggunaan aplikasi booking online Taman Nasional Gunung Rinjani bertempat di Ruang Aula kantor Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) di Mataram Provinsi NTB pada hai Rabu, 7 November 2018.

Sosialisasi dihadiri para pelaku wisata khususnya Trekking Organizer (TO), dengan materi yang disampaikan tentang pembukaan jalur pendakian Aikberik oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Ir. Sudiyono, M.Si yang selanjutnya dipaparkan tentang hak dan kewajiban pemegang IUPJWA. Pada sesi terakhir dilakukan simulasi penggunaan aplikasi booking online eRinjani yang langsung dicoba oleh setiap peserta sosialisasi dengan menggunakan android masing-masing.

Setelah dilakukan pemaparan dan diskusi, selanjutnya seluruh peserta memutuskan untuk dapat disepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi keputusan akhir kegiatan meliputi Trekking Organizer (TO) meminta keringanan pembayaran pungutan hasil usaha jasa wisata alam (PHUPJWA) periode Agustus 2018 s.d adanya pembukaan jalur pendakian Senaru dan/atau Sembalun. Balai TN Gunung Rinjani akan membuka kegiatan pendakian melalui jalur pendakian Aik Berik. Berdasarkan kajian hasil survey, kondisi jalur pendakian Aik Berik dinilai relatif lebih aman dibandingkan dengan jalur pendakian lainnya.

Beberapa kebijakan yang akan diberlakukan oleh Balai TN Gunung Rinjani dalam kegiatan pendakian melalui jalur pendakian Aik Berik meliputi Mekanisme booking online (pembelian tiket masuk pendakian dilakukan secara online); Pembatasan kuota pengunjung sebanyak 150 orang/hari dan Mekanisme cek in cek out (pemeriksaan barang bawaan pendaki yang berpotensi sampah, memberikan list barang berpotensi sampah yang harus dibawa oleh pengunjung saat melakukan pendakian dan diserahkan kepada petugas pada pintu keluar untuk pengecekan sampah pendakian).

Balai TN Gunung Rinjani akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah serta instansi terkait untuk mengatasi kendala pada kegiatan pendakian di Jalur Aik Berik. Rapat Koordinasi akan dilaksanakan pada hari Kamis/08 November 2018. Balai TN Gunung Rinjani juga menyetujui dengan usulan TO untuk melakukan survey jalur pendakian Senaru dan Timbanuh secara bersama-sama. Pendanaan kegiatan survey akan ditanggung bersama oleh Balai TN Gunung Rinjani dan TO. Daftar TO yang dapat dipilih oleh pengunjung pada saat melakukan booking online disusun berdasarkan huruf awal dari nama Brand perusahaan. Apabila terdapat kendala dalam penggunaan aplikasi booking online dapat menghubungi CS melalui grup WA “Komunitas eRinjani” setiap hari s.d pukul 22.00 WITA.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini