Tingkatkan Kualitas Penilaian Rehab DAS, TN Kutai Latihan Pengenalan Jenis

Sangkima, 11 Juli 2018. Selama 3 hari kedepan (11 – 13 Juli 2018), Balai Taman Nasional Kutai bersama PT. Indominco Mandiri (PT. IMM) akan melaksanakan kegiatan pelatihan pengenalan jenis pohon dalam rangka penilaian Rehab DAS PT. IMM di Taman Nasional Kutai dengan peserta sebanyak 26 orang yang berasal dari PT. IMM, PT. KITA, PT. Tambang Damai, PT. Wahana Agro Berjaya.

Penanaman dalam rangka rehab DAS yang dilakukan oleh PT. IMM di kawasan TN Kutai seluas 18.600 ha dilakukan dalam beberapa tahapan. Hingga tahun 2017, luasan yang teranam adalah 3.600 ha dimana 600 ha telah dilakukan penilaian dan diserahkan kepada Balai TN Kutai. Proses penilaian hasil pelaksanaan penanaman pada tahun ketiga merupakan proses akhir yang menentukan dalam pelaksanaan penanaman dalam rangka rehab DAS sehingga perlu persiapan yang baik sehingga proses penilaian dapat berjalan dengan lancar dan hasil yang baik.

Berdasarkan pada pengalaman penilaian sebelumnya kendala dalam pelaksanaan penilaian adalah minimnya tenaga pengenal pohon yang mengetahui jenis–jenis pohon dengan baik sehingga jumlah jenis yang terekam dalam data sangat sedikit dari yang seharusnya. Untuk mengatasi hal tersebut penting kiranya melakukan pelatihan terhadap tenaga pelaksana agar dalam proses penilaian memiliki tenaga pengenal jenis yang cukup untuk memenuhi kebutuhan penilaian sehingga didapatkan data sesuai dengan kondisi lapangan.

Pada pelatihan ini, Kepala Balai Taman Nasional Kutai Bapak Nur Patia Kurniawan, S.Hut., M.Sc. hadir untuk membuka acara sekaligus menyampaikan materi terkait dengan pengenalan TN Kutai. Sebelum membuka acara, dalam sambutannya Kepala Balai menyatakan bahwa pengenalan jenis pohon ini sangat bermanfaat karena setiap kali ada pemegang izin yang ingin melakukan penanaman maka sebelum persiapan penanaman, saat penanaman dan saat penilaian, sangat perlu untuk mengetahui jenis pohon yang ada. Beliau juga berharap ilmu yang diterima pada kegiatan ini bisa melekat pada masing-masing peserta.

Dalam tiga hari kegiatan tersebut, akan diisi dengan materi pengenalan TN Kutai oleh Kepala Balai TN Kutai dan teori pengenalan jenis oleh Ir. Boiga, M.Sc dan Slamet Romahdi serta Sugianur, S.Hut. selaku instruktur. Selain teori, untuk meningkatkan dan menguji kemampuan peserta akan dilaksanakan praktek lapangan, tes secara tertulis dan tes akhir.

Dengan adanya kegiatan ini peserta diharapkan mampu mengenal jenis tumbuhan yang ada dengan baik sehingga dapat meningkatkan kualitas penilaian hasil penanaman dalam rangka rehab DAS PT. Indominco Mandiri yang akan diserahkan kepada pemangku kawasan yaitu TN Kutai.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini