Sosialisasi Kemitraan Konservasi dalam Pengelolaan Sumberdaya Perikanan di TN. Taka Bonerate

Kamis, 12 Juli 2018

Benteng- Kep. Selayar, 12 Juli 2018. Untuk usaha pemanfaatan sumberdaya perikanan, Balai TNTBR mengadakan pertemuan dengan pemerintah kecamatan, desa dan kelompok masyarakat, dan Dinas Perikanan Kab. Kepulauan Selayar terkait sosialisasi juknis kemitraan konservasi pada Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam (Perdirjen KSDAE No.6/2018)

Bertempat di Aula Pertemuan Balai TN. Taka Bonerate, sosialisasi ini dibuka oleh Ka.SPTN II Jinato Abd.Rajab mewakili kepala balai. Peserta yang hadir antara lain Kabid Pengelolaan TPI dan Penerbitan SIUP Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Selayar Marzuki Adam, mewakili Kepala Dinas, perwakilan dari Kecamatan Taka Bonerate, perwakilan Desa Tarupa, Kepala Desa Jinato, Kepala Desa Tambuna, perwakilan Perusahaan UD. Pulau Mas Bali, Kepala SPTN Wil. I Tarupa Muh. Hasan dan para Koordinator Fungsional lingkup Balai TN. Taka Bonerate.

Ruang lingkup Perdirjen KSDAE No.6/2018 ini meliputi kemitraan konservasi untuk pemberdayaan masyarakat, pemulihan ekosistem serta monitoring pengendalian dan evaluasi.

Terkait usaha perikanan masyarakat dalam kawasan diarahkan untuk dikelola oleh kelompok masyarakat setelah diverifikasi oleh desa untuk selanjutnya melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Balai Taman Nasional Taka Bonerate.

Pemanfaatan sumberdaya perairan dilakukan terhadap beberapa jenis tumbuhan dan satwa yg tidak dilindungi dan tidak menggunakan alat tangkap yang dapat menimbulkan kerusakan pada ekosistem laut.

Setelah pengajuan PKS oleh kelompok masyarakat, maka TN. Taka Bonerate akan memverifikasi terkait profil kelompok tersebut, okasi kegiatan dan komitmen pelestarian lingkungan.

Kegiatan verifikasi, monitoring dan evaluasi juga akan melibatkan instansi terkait.

Melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat, pemerintah setempat dan pengusaha bisa membangun komitmen pemanfaatan yang mendukung pengelolaan TN. Taka Bonerate untuk pemanfaatan berkelanjutan dan lestari.

Sumber : Asri - Balai TN. Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini