Petugas BBTN Kerinci Seblat Evakuasi Korban Kecelakaan Gunung Kerinci

Sungaipenuh, 11 Juli 2018. Kurnia Abimanyu, mahasiswa Universitas Jambi berhasil dievakuasi petugas Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) karena mengalami kecelakaan saat turun dari puncak gunung kerinci (9/7). Proses evakuasi petugas BBTNKS dibantu anggota komunitas pecinta alam (KPA) dan BASARNAS setempat. Korban saat ini berada di RS. Umum A. Thalib untuk perawatan lebih lanjut.

Untuk menghindari terulangnya kecelakaan pada saat melakukan pendakian ke gunung Kerinci, manajemen Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat tidak bosan-bosannya mengingatkan pentingnya persiapan sebelum mendaki,  mematuhi aturan dan rambu-rambu yang ditemukan pada saat pendakian untuk menjaga keselamatan para pengunjung.

Sebagai informasi, pada hari Sabtu tanggal 7 Juli 2018 rombongan Fakultas Kehutanan Universitas Jambi melakukan pendakian ke Gunung Kerinci. Rombongan tersebut berjumlah 18 orang, terdiri dari 14 mahasiswa dan 4 orang mahasiswi untuk melakukan pengamatan vegetasi dan satwa yang terdapat pada hutan dataran tinggi.

Petugas jaga BBTNKS di pos R.10 pada hari Senin tanggal 9 Juli 2018 mendapatkan laporan sekitar pukul 9 pagi bahwa salah satu anggota rombongan mengalami kecelakaan saat turun dari puncak gunung Kerinci. Petugas jaga beserta seorang anggota KPA langsung berangkat untuk memberikan pertolongan. Petugas berhasil menemukan rombongan mahasiswa tersebut, selanjutnya mengevakuasi korban ke shelter 2. Esok harinya (10/7), petugas TNKS dengan dibantu oleh BASARNAS dan relawan KPA melanjutkan evakuasi korban sampai di pos R.10 pada pukul 21.50 WIB. Kemudian dari pos R.10, korban langsung dibawa ke rumah sakit.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini