Pengamanan & Perlindungan Kawasan Intensif, Balai TN Kep. Togean Rangkul Stakeholder

Ampana, 23 Mei 2018. Balai TN Kepulauan Togean (TNKT) laksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Pengamanan dan Perlindungan Kawasan TNKT di aula kantor Balai TNKT (23/5). Rapat ini  dihadiri stakeholder yang berkepentingan seperti Kejaksaan Negeri, Polres, Dinas Perikanan, BP4D, Bagian Administrasi dan SDA Touna, KPH Sivia Patuju, Dinas PUPR dan TNI.

Dipimpin langsung Kepala Balai TNKT Ir. Bustang yang menyampaikan beberapa peluang dan tantangan dalam pengelolaan kawasan TNKT. Salah satunya antara lain tingginya trend kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara sehingga diharapkan stakeholder dapat bekerjasama untuk bersama-sama menjaga kawasan agar lestari. Bustang menambahkan “adanya kejadian Illegal logging, illegal fishing dan aksi penambangan pasir illegal yang merusak lingkungan  diperlukan kegiatan pengamanan dan perlindungan yang intensif yang dilakukan oleh stakeholder terkait”. 

Kajari Touna menghimbau kepada TNKT terkait masalah penanganan kasus, bahwa reaksi dilapangan TNKT masih belum bisa diterima dihati masyarakat sehingga pihak Balai TNKT harus arif dan bijaksana dalam menghadapi masyarakat.

Disepakati bahwa untuk menjaga, memantapkan dan membangun kolaborasi dan sinergitas dalam upaya perlindungan dan pengamanan serta penegakan hukum terhadap kawasan TNKT perlu dilakukan secara bersama-sama semua  pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Tojo Una-una. Pada kesempatan ini juga disepakati bahwa akan dilaksanakan patroli bersama di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean yang akan diikuti oleh instansi-instansi terkaitantara lain : DKP, TNI AL, Kejaksaan, Satpol PP, KPH Sivia Patuju, Polres, Dinas Pariwisata, BP4D dan Bagian Administrasi SDA Touna.

Sumber : Balai Taman Nasional Kepulauan Togean 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini