Balai TN Bunaken Dampingi Cahaya Trans Guna Pengembangan Ekowisata

Minahasa, April 2018. Pendampingan kelompok Role Model bertempat di Daseng Cahaya Trans Desa Poopoh Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa. Cahaya Trans merupakan kelompok mitra Balai Taman Nasional Bunaken dalam zona tradisional untuk pengembangan ekowisata.

Dalam kesempatan pendampingan kelompok kali ini dibuka oleh Kepala SPTN Wilayah II Made Sana, S.Hut yang mewakili Kepala Balai TN Bunaken, adapun turut hadir dalam kegiatan pendampingan dari Seksi Pemerintahan Kecamatan Tombariri (Stenly Kaligis, S.I.P), Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Utara (Vence Walansendow) dan dari Lantamal VIII Manado yang merupakan kesatuan TNI AL dalam pembinaan potensi maritim dan wilayah pesisir diwakili oleh Letkol Laut Ali, serta Pemerintah Desa Poopoh. 

Aktivitas pendampingan kelompok Cahaya Trans Poopoh bertujuan untuk membantu kelompok dalam memfasilitasi penyusunan rencana kerja bulanan, sehingga lebih terarah, terlaksanan serta sesuai dengan visi dan misi kelompok, sekaligus menjadikan anggota kelompok termotivasi dalam keterlibatan pelestarian kawasan. Harapan besarnya anggota kelompok dapat mengajak masyarakat lainnya untuk terlibat dan peduli dalam pengelolaan Taman Nasional Bunaken, sehingga dapat berkembang dari sisi ekonomi. 

Kelompok Cahaya Trans diketui oleh Berce Toli, saat ini beranggotakan 25 orang dengan orientasi usaha berupa pengelolaan perikanan untuk ekowisata, pembuatan kripik pisang, stik ikan dari Tuna, pengembangan ikan putih (ikan teri) dan ikan asin. Adapun pengembangan kelompok terbaru adalah pembuatan sirup pala dan pengolahan sampah dari kain menjadi vas bunga.

Sumber :  Meylan Karundeng, S.H - Polhut Ahli, Koordinator Resort Poopoh SPTN Wilayah II Tambala.

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini