Pembinaan Pegawai Balai TN. Aketajawe Lolobata Oleh Sekditjen KSDAE dan Kabag Kepegawaian KSDAE

Sofifi, 16 April 2018. Selain agenda acara serah terima Gedung Pusat Informasi pada Suaka Paruh Bengkok (SPB), Sekretaris Direktorat Jenderal (Sekditjen) KSDAE beserta Kepala Bagian Kepegawaian juga melaksanakan agenda pembinaan pegawai di kantor Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata TNAL). Peserta yang hadir adalah UPT KSDAE di Maluku Utara, yaitu Balai TNAL dan SKW I Ternate BKSDA Maluku.

Acara tersebut berlangsung dengan hikmat dengan suasana yang ramah. Sekditjen KSDAE menyampaikan beberapa arahan kepada para peserta, salah satunya adalah agar tetap semangat dan ikhlas dalam bekerja di kawasan konservasi. Saat ini jabatan fungsional khusus seperti Polhut, PEH dan Penyuluh diharuskan untuk memiliki spesifikasi tertentu, misalnya PEH ahli burung dan lainnya. Beliau juga menyampaikan pesan atau motivasi dari Dirjen KSDAE, yaitu “ Forest is not about trees, its about life”.

Paparan selanjutnya diberikan oleh Kepala Bagian Kepegawaian KSDAE. Beliau menjelaskan tentang pentingnya kedisiplinan bagi pegawai dan pelaksanaan program E-Kinerja bulan Juli Mendatang. Selain itu Munarto juga menyampaikan dengan penuh semangat bahwa saat ini sedang diupayakan Perdirjen terkait pemberian penghargaan bagi pegawai yang berprestasi, mulai dari tingkat Resort. Kepala Resort diperbolehkan mengusulkan anggotanya yang berprestasi begitupula dengan Kepala Seksi yang juga dipersilahkan untuk mengusulkan Kepala Resort yang berprestasi dan bertahap sampai tingkat Kepala Balai. Penilaian juga bisa berdasarkan nilai SKP yang tentunya dengan asas keadilan, dimana pada setiap penilaian SKP para Kepala Seksi duduk bersama-sama untuk memberikan penilaian terhadap personilnya.

“Kami masih menunggu tandatangan Perdirjen terkait pemberian penghargaan kepada petugas lapangan yang berprestasi. Selagi menunggu Perdirjen tersebut, UPT juga sudah bisa mengusulkan nama-nama pegawainya yang berprestasi untuk diberikan penghargaan”, kata Munarto, Kabag Kepegawaian KSDAE. Beliau juga memberikan bocoran dari Bapak Sekditjen KSDAE bahwa Beliau (Sekditjen) sangat mendukung terhadap setiap pegawai di UPT untuk melanjutkan program belajar baik itu beasiswa atau biaya mandiri.

“Ini sebenarnya rahasia, setiap saya mengajukan tanda tangan persetujuan ijin belajar ke Pak Sekdit, Beliau langsung tanda tangan tanpa membaca kembali usulan tersebut. Entah itu karena percaya kepada saya atau Beliau selalu mendukung pegawainya untuk melanjutkan studi”, tambah Kabag Kepegawaian.

Setelah paparan dari Sekditjen dan Kabag Kepegawaian selesai, acara dilanjutkan dengan tanya jawab.

 

Sumber : BTN Aketajawe Lolobata

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini