Suaka Paruh Bengkok Balai TN Aketajawe Lolobata yang Instagramable dari PT. Antam, Tbk

 

Sofifi, 15 April 2018. Dalam proses pembangunan Suaka Paruh Bengkok (SPB), Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) dibantu oleh PT. Antam, Tbk, dengan bantuan pembangunan Gedung Pusat Informasi pada SPB. Gedung tersebut telah selesai dikerjakan dan hari ini (15/4/18) telah diserahkan oleh Direktur Operasi PT. Antam kepada Balai TNAL melalui Sekditjen KSDAE. Suaka Paruh Bengkok merupakan role model Balai TNAL dalam melestarikan keanekaragaman hayati terutama burung paruh bengkok. Turut hadir dalam acara Serah Terima Gedung Pusat Informasi yang dilaksanakan di Suaka Paruh Bengkok di Desa koli antara lain Muspika dan beberapa instansi dinas terkait.

Direktur Operasi PT. Antam, Tbk dalam sambutannya menjelaskan tentang peran Antam dalam kegiatan lingkungan yang salah satunya bekerjasama dengan Balai TNAL berupa kegiatan rehabilitasi lahan dan konservasi paruh bengkok dalam hal ini adalah pembangunan Gedung Pusat Informasi.

“Mohon doanya agar PT. Antam di Maluku Utara bisa bekerja dengan baik dan mendapatkan hasil yang posotif, karena dari hasil (laba) yang diperoleh maka hasil tersebut akan kembali digunakan untuk kegiatan lingkungan seperti sekarang ini”, kata Direktur Operasi PT. Antam, Hari Wijayanto.

Sekretaris Direktur Jenderal (Sekditjen) KSDAE, Herry Subagiadi dalam sambutannya juga memberikan penghargaan dan apresiasi terhadap peran PT. Antam, Tbk kepada Balai TNAL dan beberapa UPT lingkup KSDAE lainnya seperti di Balai Taman Nasional Gunung Halimum Salak dalam mendukung pengelolaan kawasan konservasi.

“Kami (KLHK) berterima kasih atas partisipasi PT. Antam di Maluku Utara kepada Balai TNAL dalam pembangunan SPB”, kata Sekdit KSDAE dalam sambutannya. Beliau juga berharap agar PT. Antam tetap berkontribusi terhadap kegiatan konservasi di Maluku Utara terutama di kawasan TNAL.

Setelah penandatanganan Berita Acara Serah Terima selesai dilaksanakan, para rombongan dan tamu undangan diperkenankan meninjau seluruh bangunan SPB yang dipandu oleh Koordinator SPB, Gunawan Simanjuntak. Para undangan terlihat penasaran dan senang dengan bangunan-bangunan yang ada di dalam SPB. Pada saat berada di kandang kecil yang terisi beberapa jenis burung paruh bengkok seperti Kakatua Putih dan Kasturi Ternate, para rombongan berhenti sejenak sambil melakukan diskusi dan mendokumentasikan kesempatan tersebut.

“Bangunan ini (kandang besar) bagus sekali dan instagramable”, kata Direktur Operasi PT. Antam, Tbk.

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

http://aketajawe.com

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini