“My Weekend My Adventure” Tim The Sound From Caldera

11 Maret 2018. Mengisi akhir pekan tim ekspedisi liburan Balai Taman Nasional Tambora melakukan roadshow ke kawasan. Kegiatan roadshow bertema “My Weekend My Adventure” dipimpin langsung Kepala Taman Nasional Tambora Dr. R. Agus Budi Santosa, S.Hut.,MT. turut hadir Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi 1 (Kore), Kepala Seksi II (Kempo), Staf Taman Nasional, 4 orang Kepala Resort dan 3 orang CPNS Taman Nasional Tambora 2018. Tujuan perjalanan ini adalah peninjauan Kawasan Taman Nasional Tambora, kantor seksi dan kantor resort Taman Nasional Tambora 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balai Taman Nasional Tambora melakukan orientasi lapangan dengan mengunjungi beberapa potensi kawasan, Disela kunjungan tersebut, tim eksepdisi melakukan dialog interaktif dengan beberapa kepala desa di lingkar tambora. Dialog tersebut bertujuan menjaring aspirasi para kepala desa dalam upaya pengembangan kawasan tambora yang saat ini dalam proses pengembangan dan penataan sebagai destinasi wisata di NTB. Selain berdialog dengan kepala desa, pada kesempatan tersebut Kepala Balai TN Tambora juga menyempatkan diri berdialog dengan kepala resort pengelolaan Taman Nasional Tambora mulai dari resort Doro Ncanga, Doropeti, Pancasila, Kawinda To’i, Oi Katupa dan kepala resort Piong.

Dari dialog tersebut, diharapkan mampu menjadi stimulus penyusunan perencanaan kegiatan yang lebih baik ditahun 2019 melalui penerapan perencanaan kegiatan berbasis resort. Disela waktu roadshow Kepala Balai TN Tambora bersama tim juga mengunjugi air terjun bidadari yang elok dialur sungai oi marai. Air terjun ini merupakan salah satu potensi unggulan untuk pengembangan wisata tirta di Taman Nasional Tambora. Air terjun dengan ketiunggian kurang lebih 20 meter ini menyajikan kesejukan air dan pemandangan yang menakjubkan menambah sempurnanya hutan belantara yang ada disisi kiri dan kanan sungai Oi Marai.

Tahun ini, air terjun tersebut akan ditata melalui penyiapam sarana wisata yang memadai sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Dengan menyiapkan kemudahan akses dan fasilitas yang memadai diharapkan air terjun ini mampu menjadi magnet yang cukup kuat bagi peningkatan pengunjung ke Taman Nasional Tambora seperti halnya taman nasional Gunung Rinjani yang terkenal dengan air terjun benang kelambu atau air terjun otak kokohnya. Dengan kunjungan singkat tersebut, diharapkan mampu memberikan semangat bagi pengembangan kawasan taman nasional tambora diusianya yang ketiga tahun.

The Sound From Caldera

Sumber : Balai Taman Nasional Tambora

 

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini